Beternak Jangkrik

April 15, 2009 at 2:09 am 145 comments

jangkrik-sebagai-kebutuhan-industri-dan-pakan-ternakMencari peluang usaha tanpa harus mengeluarkan dana yang cukup besar, ternyata memang tidak gampang. Apapun itu, semua pasti harus dengan modal.

Mencari peluang usaha tanpa harus mengeluarkan dana yang cukup besar, ternyata memang tidak gampang. Apapun itu, semua pasti harus dengan modal. Namun pendapat itu tidak berlaku bagi para peternak jangkrik (Gyllus testaceus). Cukup dengan modal Rp 1,4 juta, setiap setor jangkrik 80 kilogram (kg), ke Asosiasi Peternak Jangkrik (Astrik), peternak akan menerima uang Rp 2,4 juta.

Dengan modal Rp 1,4 juta itu, satu peternak akan mendapat 10 kotak sarang seharga Rp 10.000 per kotak, telur 4 ons, pakan 120 kg dan beban oven Rp 50.000. Namun sayangnya, peluang ini belum cukup mendapat perhatian, sehingga para pengusaha pakan ternak dan jamu, harus menunggu mendapatkan jangkrik kering atau bubuk dari Astrik.

Ika Nurwidia (23), manager pemasaran Astrik, sempat mengeluh. Dari 700 peternak yang tergabung di asosiasinya, hanya bisa dikumpulkan sekitar 2 ton per minggu. Satu pabrik pakan ternak di Jawa Timur, bisa memesan 50 ton dalam satu minggu. Pengusaha pakan ternak tertarik untuk mengubah pola produksi mereka dengan bahan jangkrik disebabkan oleh mahalnya bahan impor.

Dari pada untuk membeli tepung babi dari luar negeri dengan harga US$ 370 per ton, lebih baik tepung jangkrik yang lebih murah. Dari Astrik, tepung jangkrik hanya dijual Rp 150 juta per ton. Berdasar penelitian ilmiah, jangkrik memiliki kandungan hormon progesterone 105,49 ppm, testoteron 31,78 ppm dan hormon estrogen 259,535 ppm. Bahkan mampu menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram jauh diatas bahan makanan lainnya.

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, yang ditunjuk Astrik sebagai Litbang, juga menyelidiki bahwa jangkrik memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Kandungan proteinnya mencapai 57,32 persen. Selain itu si krik-krik ini juga memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel, GSH (glutation) dan berfungsi sebagai antioksidan alami pada tubuh manusia.

Tak ayal lagi, jenis-jenis kandungan bahan itu, membuat jangkrik banyak diburu untuk kepentingan industri baik industri pakan ternak, jamu maupun kosmetik. Sebenarnya pengembangan peternakan jangkrik sudah dimulai sejak tahun 1990-an. Namun waktu itu jangkrik hanya dijadikan komoditas pakan hewan dan dipasarkan di pasar tradisional. Tahun 2000 booming jangkrik sempat terjadi. Sampai-sampai pasar tradisional tidak mampu menampung panenan ribuan peternak jangkrik.

Akibat dari belum tersedianya pasar itu, peternak banyak yang frustasi. Namun bagi Ika Nurwidia dan empat rekannya Ari Hidayat, Fitri Darsini, Pandu dan Bagus Sigit Panuntun, jangkrik adalah permata yang belum digosok. Dan itu terbukti ketika Ika, dengan Astrik membuat gebrakan. Pertama dengan penelitian, kedua dengan mencari pasar, selain pakan burung di pasar tradisional itu.

Pada tahun 2004, jangkrik ini lantas dibudidayakan. Ika Nurwidia dengan empat pelopor Astrik berpatungan Rp 3 juta per orang. Kerja keras itu ternyata membuahkan hasil. Kini permintaan membanjir, bahkan selalu bertambah. Ika menyadari bahwa kemampuan Astrik masih sangat terbatas. ”Tetapi bukan prosesnya, kami siap membeli semua hasil peternak kapan saja. Tapi ya itu, masih kurang banyak sekali,” katanya.

Jangkrik-jangkrik yang dibudidayakan di dalam kotak. Beternak jangkrik ternyata cukup menguntungkan

Tapi jangan salah, asosiasi ini ternyata tidak mau menerima sembarang jangkrik. Ika dan kawan-kawannya, mensyaratkan bahwa peternak yang menjual ke Astrik, harus anggotanya.

Mengapa harus begitu? Ika menjelaskan, Astrik harus memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan, misalnya panjangnya minimal 2 cm, berumur tak lebih 40 hari serta harus sehat. Untuk itu, setiap peternak yang menjadi anggota Astrik wajib memberi makanan jangkriknya dengan pakan yang diolah oleh Astrik sendiri. Pakan itu sudah diolah dengan kandungan mineral, protein dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan jangkrik.

Selain itu, Astrik pun tak mau menerima jangkrik yang berumur di atas 40 hari. Ternyata cukup beralasan, sebab di umur itu jangkrik dewasa sudah bertelur dan ketika proses pengovenan, jangkrik menjadi kempes. ”Peternak hanya memberi makanan pendamping seperti jagung, kacang hijau, obat antioksidan, dan antibiotik,” kata Ika.

Dikatakan, Astrik akan membeli jangkrik dari anggotanya seharga Rp 30 ribu per kg untuk jangkrik basah, dan jika peternak sudah mampu mengeringkan dengan sistem oven, harga pembelian menjadi Rp 96 ribu per kg. Namun asosiasi ini menjual jangkrik bubuk seharga Rp 150 ribu per kg.

Terkait dengan kurangnya bahan baku itu, Astrik akhirnya bekerja sama dengan Pemda Lamongan, Jawa Timur untuk menambah jumlah peternak. ”Jangan takut, pasar jangkrik masih terbuka luas. Apalagi beberapa rekanan kami, pengusaha jamu di Jawa Barat, masih terus meminta bubuk jangkrik tanpa batas,” ucapnya.

Sambil sedikit berpromosi, Ika dengan Astriknya yang bermarkas di Jalan Pakaryan 5 Yogyakarta itu menyatakan, jangan takut dengan si krik-krik. Peluangnya masih terbuka lebar. ”Sekarang daripada berpangku tangan, meminta pekerjaan, mengapa tidak mencoba. Si krik-krik ini ramah lingkungan. Tidak ada limbah kotoran dan tidak berbahaya,” katanya berpromosi.

sumber situs hijau

About these ads

Entry filed under: peternakan. Tags: .

khasiat buah pare Mengendalikan Hama Wereng Batang Cokelat dengan Jamur

145 Comments Add your own

  • 1. niyata  |  May 13, 2009 at 12:09 pm

    saya mau nyoba berternak

    Reply
    • 2. genduters  |  May 14, 2009 at 9:18 pm

      semangad
      kobarkan semangat pertanian di indonesia

      regards

      Reply
    • 3. erindo  |  July 10, 2011 at 12:58 am

      saya mau coba berbisnis jangkrik,bgmana cranya beternak jangkrik…..?

      Reply
  • 4. johanes  |  May 23, 2009 at 11:49 am

    saya sangat tertarik dengan budidaya jangkrik, apakah ada buku panduan beternak jangkrik?mohon infonya terima kasih

    Reply
  • 5. nico  |  June 17, 2009 at 12:14 am

    Tolong Bantuanya, saya mau berternak jangkrik. terima kasih. informasi mana yang bisa saya hubungi lebih lanjut.

    Reply
    • 6. genduters  |  June 18, 2009 at 6:27 pm

      maaf untuk bantuan mengenai apa ya?
      kalau untuk pemasaran saya saankan dipasarkan di tempat penjual burung saja
      tetangga saya sukses dari berternak jangkrik yang hanya di jual di tempat penjualan burung & pakan

      regard

      Reply
  • 7. irvan  |  July 13, 2009 at 2:44 pm

    wah… ternyata si jangkrik bisa di buat peluang usaha juga za !! jadi tertarik nie..

    Reply
  • 8. dhany budiarto  |  July 14, 2009 at 12:58 pm

    beternak jangkrik dengan modal 1,4 jt rupiah tu darimana dan kapan? apa astrik yang menjual paketannya? setahu saya modal 1,4 jt rupiah tu beberapa tahun yang lalu, kurang labih sekitar tahun 2000an. Bila benar hanya 1,4 jt rupiah mau donk terdaftar sebagai anggota astrik. terimakasih.

    Reply
    • 9. genduters  |  July 24, 2009 at 9:41 am

      kalau 1,4 itu versi yang ada di kabupaten saya
      jadi ya begitulah harganya lbih murah karena daerah terpencil

      thanks

      Reply
  • 10. mugue print  |  July 15, 2009 at 9:53 pm

    di mana sentra untuk menjual jangkrik di jakarta, krn saya mau coba lagi usaha beternak jangkrik.dan brp rupiah satuannya harga jangkrik?

    Reply
    • 11. genduters  |  July 24, 2009 at 9:43 am

      begini bos
      kalau untuk pemasaran cobalah dahulu menjual di tempat penjual ternak/penjual makan ternak(burung)
      kalau di tempat saya satu biji jangkrik yang belum gede tu 50,-/biji itu harga toko
      jadi kalo kita paling 30-40 doang! itu pun uda untung

      Reply
      • 12. CiptaWahana  |  July 25, 2010 at 2:43 pm

        daerah mana tuh…biar saya supply jangkriknya kesana bos…

  • 13. budi  |  July 17, 2009 at 1:29 am

    bisa minta tolong pakan yang sesuai buat jangkrik apa saja ya? masalahnya setiap panen bobot jangkrik selalu tidak sesuai yang diharapkan………

    Reply
    • 14. genduters  |  July 24, 2009 at 9:47 am

      untuk makanan jangkrik mudah bos
      biasanya dikasih makan apa?
      kalu tempat saya biasanya pur ayam, daun jagung, daun krokot, sayur,mentimun dll
      emang kalo jual jangkrik /kilo ?
      jual perbiji aja

      Reply
  • 15. sadjie  |  August 14, 2009 at 2:24 pm

    saya juga sangat tertarik untuk ,mencoba budidaya jangkrik. pada awalnya mungkin harus menguasai teknis dan tahapan bagaimana cara berternak jangkrik yang baik dan benar. baru perkembangan, karena faktor lingkungan juga bisa menjadi kendala tersendiri.
    nah .yang saya ingin tanyakan .ideal kandang yang biasa dipakai ukuran berapa.?
    dan perawatan mulai dari telur sampai netas bagaimana.?
    oke mungkin itu dulu sang saya tanyakan .terimakasih

    Reply
  • 16. don,1  |  August 18, 2009 at 3:20 pm

    bagaimana cara mendapatkan bibit jangkrik yg baik?
    penyebab telur tidak dpt menetas(geseng/hangus)?

    Reply
  • 17. lili  |  September 2, 2009 at 9:28 pm

    Salam kenal
    Nama saya Bpk Lili
    Saya bersama beberapa peternak jangkrik di bekasi sedang mencari pembeli jangkrik … tolong infonya

    jika ada yang ingin belajar beternak jangkrik silahkan kunjungi blog saya

    http://www.beternakjangkrik.co.cc

    Wassalam

    Reply
  • 18. arif  |  September 9, 2009 at 10:51 pm

    ada rencana sama temen-temen untuk budidaya jangkrik, di daerah pasuruan, kami minta informasinya tentang beli bibit jangkrik yang bagus di wilayah jawa timur terdekat ?

    Reply
  • 19. Rizki  |  September 11, 2009 at 1:12 pm

    emang gimana cara nimbang jangkrik nya??? biar bisa tau 1 kilo.. ada skala penjualan selain perkilo ga??

    Reply
  • 20. eko subiyantoro  |  September 29, 2009 at 4:37 pm

    saya sdh bertenak jangrik 3 th dn kami jg mennyediakan pakan untuk petani di sekitar kmi 1mggu 1ton pkn abis ,bibitnya pun kami jg menyediakan, selama ini jangrik kami setor ke agen2 dn mereka jual ke bali….permasalahan kami jka stok melimpah mereka menurunkan harga jd anjlok,bs kah kmi dibantu dlm pemasaran kami?kami di jatim.

    Reply
  • 21. eko subiyantoro  |  September 29, 2009 at 4:56 pm

    untuk sesama peternak jangrik saya py ide bagaimana klu kita ada kan persatuan dagang jangrik agar supaya harga pasaran stabil…dari kami http://www.galang_eko@yahoo.com

    Reply
  • 22. robert  |  October 5, 2009 at 9:13 am

    saya ingin beli telur jangkring,tolong info ya

    Reply
    • 23. indra  |  October 9, 2009 at 5:49 pm

      mo beli telor jangkrik? mo beli Jangkrik ? bel aja mas indra 081392663661

      Reply
  • 24. indra  |  October 9, 2009 at 5:43 pm

    kami peternak jangkrik di bekasi mencari pembeli jangkrik yang konsisten dan kami berusaha mensuplai jangkrik secara kontinyu

    indra
    email : sigmaties@yahoo.com
    Hp : 0813 92 663 661

    Reply
  • 25. engki  |  November 1, 2009 at 4:58 pm

    aku lagi ternak tapi masih tahap belajat, kalo boleh gimana daftar jadi anggotanya sedangkan saya di bandung. mohon informasinya ke http://www.eki79juragan@yahoo.co.id

    Reply
  • 26. yandri dinata  |  November 17, 2009 at 11:16 pm

    usaha yang dibngun cukup lama berjalan bagus…..

    apakah di riau kususnya di pekanbaru sudah ada ASTRIK???

    kalau sudah ada bisa nggak saya minta alamatnya…

    salam

    yandri

    Reply
  • 27. b.supriyanto  |  November 19, 2009 at 10:40 am

    Ass wr wb
    Kepada Yth, Ketua Astrik
    di tempat

    Setelah saya baca dan mengamati tulisan di internet mohon kiranya saya dapat menjadi anggota Astrik,sekaligus ingin membeli satu paket 1,4 jt dan bagaimana proses pembayarannya dan proses pengirimannya, dan apa yang harus saya siapkan setelah menerima pesanan saya apakah yang harus dipersiapkan dulu,apakah perlu persiapan kandang atau apasajakah yang dapat kami lakukan setelahnya,mohon penjelasannya,
    yang lebih dilema lagi kami jauh dari jatim saya berada di Tangerang,apakah ada masalah dengan proses pengirimannya ?
    tlp.012-71682858/021-55656579 trimakasih wass wr wb

    Reply
  • 28. angga rahardian  |  November 24, 2009 at 11:22 pm

    salam kenal……..saya dari pasuruan.saya tau tempat membeli telur jangkrik d pasuruan.saya juga ingin sekali ber gabung sama anda berternak jangkrik.untuk itu mohon secepatnya info tentang kapan mulai membuka ternak jangkrik di pasuruan.dan saya ingin sekali bergabung dengan anda.?kalau anda ingin info lebih lanjut.anda bisa menghubungi saya di no 081910350936. karena saya ingin sekali dari dulu ternak jangkrik tapi belum punya dan tau tempat pemasarannya.

    Reply
  • 29. widhiyanto  |  December 19, 2009 at 9:13 am

    saya tertarik dan ingin beternak jangkrik.mungkin astrik bisa membantualamat saya di boyolali,desa cepoko sawit.

    Reply
    • 30. aa  |  March 31, 2010 at 7:36 pm

      aku punya peternakan kecil kecilan di daerah panjengan…hub aja 08122599625 no sms

      Reply
  • 31. hari  |  December 26, 2009 at 12:27 pm

    saya tertarik untk berternak jangkrig,mohon info nya untk membeli telur jangjri.lokasi saya di daerah bandung,thx

    Reply
  • 32. wahyu  |  December 28, 2009 at 11:51 pm

    sy tertarik dgn uraian diatas….. jk saya ingin beternak jg kemana saya harus belajar kpd anda…. sy tinggal di karanganyar , solo. apakah ada cabang astrik di solo… ato bila saya ke tempat anda . dapatkah sy belajar ttg ternak ini ke anda… terimakasih… dan apakah paket ternah yg 1,4 jt itu sekarang masih ada….

    Reply
  • 33. ferdy  |  December 31, 2009 at 6:49 pm

    maaf pa saya mo tanya neh kalo untuk makanan jangkrik yg baru menetas sampai seterus nya tu di kasih makan apa dulu ya…

    Reply
  • 34. uli arta  |  January 7, 2010 at 11:14 am

    mau tanya alamat ASTRIK yang di JATIM?

    Reply
  • 35. edi martono  |  January 8, 2010 at 8:30 pm

    Salam kenal pak kalau saya pengen bergabung gemana caranya? saya d bekasi Tolong d konfirmasi ini no tlp saya 08129893601

    Reply
  • 36. alimin  |  January 19, 2010 at 1:43 am

    saya mintak tolong infonya..
    dimanakah saya bisa beli bibit jangkrik (telor).
    dan pamasaran yang terdekat dengan daerah saya di malang.
    terimakasih,..

    Reply
    • 37. alimin  |  January 19, 2010 at 1:44 am

      hubunggi saya alimin (085649856762)

      Reply
  • 38. zaenal dawami  |  January 20, 2010 at 1:28 pm

    saya tertari sekali apakah saya dikakarta yang banyak polusinya bisa berternak jangkrik tolong minta bagaimana saya bisa bergabung

    Reply
  • 39. yoyo  |  January 20, 2010 at 10:48 pm

    bos mau tanya nih ?..dimana alamat yang bisa saya hubungi untuk menjual tepung jangkrik khususnya dijogjakarta kalau ada mohon informasinya tolong di email kan ke saya yoyo.pranoto@gmail.com sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    Reply
  • 40. Taufiq  |  January 23, 2010 at 11:00 pm

    Salam Kenal, stelah membaca artikel diatas saya merasa tertarik untuk mencoba beternak jangkrik, karena saya sudah lama mencoba beternak tapi belum berhasil, untuk itu mohon kiranya pnjelasan yg lebih terinci dan khusus kpada saya, sekaligus informasi mengenai paket 1,4 jt dan bagaimana proses pembayarannya dan proses pengirimannya, dan apa yang harus saya siapkan setelah menerima pesanan saya apakah yang harus dipersiapkan dulu,apakah perlu persiapan kandang atau apasajakah yang dapat kami lakukan setelahnya,mohon penjelasannya, untuk informasi saya tinggl di Riau sumatra, bagaimana kira2 prosesnya, trima ksih. Wassalam. Taufiqul Ulum Hp. 081365486097, email: viex_as@yahoo.co.id

    Reply
  • 41. J. Suharto  |  February 8, 2010 at 8:15 am

    Kpd Yth ASTRIK

    Saya tertarik pada ternak jangkring, namun saya memiliki kendala, oleh karena itu saya ingin menanyakan beberapa hal:
    1. Persyaratan menjadi anggota?
    2. Berapa harga makanan dan bibit jangkrik?
    3. Makanan satu kilo untuk berapa jangkrik?
    Mohon Bapa/Ibu dapat membantu saya, atas perhatiaanya saya ucapkan terima kasih..

    email: push.first@gmail.com

    Reply
  • 42. M .UBAIDILLAH  |  March 7, 2010 at 6:46 pm

    BOS JIKA MAU JUAL JANGKRIK KIRA2 KEMANA ?

    Reply
  • 43. Aji  |  March 26, 2010 at 12:34 pm

    Saya tertarik untuk mencoba beternak jangkrik, bagaimana caranya bisa bergabung/masuk menjadi anggota astrik, karena sudah beberapa kali saya mencoba menghubungi Astrik via telp. tapi tidak ada yg bisa tersambung. Saya berdomisili di Bekasi, apakah ada perwalian astrik di bekasi, terima kasih atas informasinya..

    Reply
  • 44. wandi  |  March 26, 2010 at 8:31 pm

    Mas ada artikel untuk tekhnik pemeliharaannya gak mas?
    aku tertarik banget. mo alih profesi

    Reply
  • 45. syamsudin  |  March 29, 2010 at 11:11 am

    saya tertarik untk berternak jangkrig,mohon info nya untk membeli telur jangjri.lokasi saya di daerah sukabumi,thx

    wasam

    Udin

    Reply
  • 46. yerico  |  March 29, 2010 at 2:54 pm

    Saya sangat tertrik dgn penjelsana diatas dan merupakan peluang bisnis yg menggiurkan, boleh saya tahu lebih rinci, dan prosedur menjadi anggota.

    bisa hubungi kami di 085286932525

    Salam sukses
    Yerico

    Reply
  • 47. viant  |  March 29, 2010 at 7:28 pm

    maaf caranya gmana untuk jadi anggota astrik tolong di email kan di fiyanto88@gmail .com

    Reply
  • 48. Rhota  |  March 31, 2010 at 1:20 pm

    Sy dr palembang,astrik ad ngk dpalembang krn sy jg trnak jgkrik,brp astrik biasa ambil jangkrik/ekor?Klu tinggi sy mau krj sama.

    Reply
  • 49. aby  |  April 5, 2010 at 11:17 am

    salam kenal mo nanya untuk astrik di pekanbaru-riau ada g?
    atau bisa g nyarikan peternak jangkrik yang ada di pekanbaru…
    saya tertarik dengan uraian diatas tpi karna lokasi yang jauh gmana y solusinya?mohon petunjuk dan infonya…..

    Reply
    • 50. anwar  |  July 5, 2011 at 4:24 pm

      astrik yg di solo ada tdk

      Reply
  • 51. sarsito  |  April 14, 2010 at 8:49 am

    aslkm.saya sngt tertarik dengan artikrl ini dan sy ingin menjadi anggota astirk,mohon infonya syarat menjadi anggota dan bagaimana prosedur beternak jangkriknya dan pemasaranya ke astirk,trims.saya di solo telp.02717942896/ke email ihya32@yahoo.co.id

    Reply
  • 52. Fatah  |  April 22, 2010 at 7:41 pm

    Sukses deh buat peternak Jangkrik

    Reply
  • 53. ahmad  |  April 25, 2010 at 4:30 pm

    saya minta kunci kesuksesan bagi peternak pemula seperti saya ini…? apa sudah ada buku langkah-langkah buat peternak jangkrik? tolong jawabanya ya.

    Reply
  • 54. ahmad  |  April 25, 2010 at 4:39 pm

    salam kenal… saya sangat tertarik dengan peternak jangkrik yang selama ini semakin maju, kalau boleh tau anggota astrik di kota gresik sudah ada ? kalau ada saya minta di informasikan di E-mail saya ahmad_muhammad02101983@yahoo.co.id thank’s.

    Reply
  • 55. joko  |  April 30, 2010 at 12:43 am

    kalau belum ada penampung, hub saya saja ke 085263212772.
    Seberapa aja ada stock barangnya saya beli. Umur jangkrik min 1 bln – 40 hari. Harga damai, stock sementara terbuka lebar, tidak dibatasi, mulai kiloan – ton

    Reply
  • 56. amin  |  May 1, 2010 at 2:16 pm

    saya sangat t’tarik untuk jadi salah satu peternak jangkrik, ada komunitasnya di jakarta/bekasi spy bs saling share spy tdk bingung khususnya dlm hal pemasaran…tlg email ke aminmarmoko@yahoo.com

    Reply
  • 57. toto  |  May 5, 2010 at 9:32 pm

    skarang saya sudah punya jangkrik banyak setelah panen ternyata jualnya susah,kadang kita terbentur sama panen masal disana panen disini panen akhirnya murah jualnya, pertanyaan saya ada gak yang mau beli jangkrik di tempat saya, harga nego.??

    Reply
  • 58. Ade  |  May 24, 2010 at 5:14 am

    saya di pekanbaru tolong kasih info untuk menjadi anggota dan cara membuat menjadi tepung dan mendapatkan pakan dari asterik dan apakah menjadi kendala bila saya ternaknya di pekan baru mungkin jarak gitu, trims hub saya di Hp : 0812 762 6566

    Reply
  • 59. wahyu kartiko  |  May 31, 2010 at 8:05 am

    aslmkm…bisa minta no hp mbak ika manger pemasaran astrik? gmna caranya klo mau gabung ke astrik?mohon infonya….

    Reply
  • 60. steven  |  June 9, 2010 at 5:49 pm

    mau nanya ni,ku ada 4 ekor jangkrik ni. bgaimana budidaya nya ya 1 betina 3 jantan.trus bgaimana pemasaranya ya dan pada siapa saya harus memasarkannya ya bila saya sukses?

    Reply
  • 61. yudha  |  June 12, 2010 at 1:12 pm

    bagi rekan2 yg tertarik dng usha jangkrik bs hub km 02192248469 kami menjual bibit dng harga terjangkau

    Reply
  • 62. antoro dewo  |  June 28, 2010 at 11:24 am

    Salam kenal, saya pensiunan swasta.

    Mo nanya,
    Apa Astrik sampai sekarang masih berjalan, dan bagaimana bisa
    menjadi member, trus apakah ada jaminan dengan pola pakan yg
    sudah diatur panen akan berhasil?
    Kami tinggal di Jakarta, apa kendalanya (sampai panen) ?

    Terima kasih.

    Reply
  • 63. galih  |  July 14, 2010 at 10:53 am

    tolong info peternak jangkrik di malang raya..trims!

    Reply
  • 64. niceforus  |  July 19, 2010 at 11:30 am

    sy sdh siapkan kandangnya dan telah belajar cara beternaknya, tp supply telurnya dari mana dan kirim hasil ternak jangkrik kemana tolong di infokan, saya di jakarta yg terdekat dg saya.

    Reply
  • 65. Ali Suaib  |  July 22, 2010 at 3:18 pm

    Tolang informasinya alamat ASTRIK pusat dan No. teleponnya,
    dan kalau ada alamat Astrik di Surabaya serta No. teleponnya.
    Terimakasih

    Reply
  • 66. Soleh  |  July 24, 2010 at 2:47 pm

    Yth askrik.
    Saya sangt tertarik ne dg peluang usaha ini.
    Tlong kasih tau dnk gmana cara jdi angota askrik,tlong hub.085691514699

    Reply
  • 67. CiptaWahana  |  July 25, 2010 at 2:58 pm

    Kepada Yth ASTRIK

    Setelah kami tahu Blog nya ASTRIK, kami telephone dengan telephone yang ada di web nya http://www.astrik.org, tapi ketika di telephone salah no nya, dengan alamat Jl. Pekayan no 5 kraton yogyakarta kami telephone 108 tetap saja salah, dan nama ASTRIk tidak terdaftar ditelkom dengan alamat tersebut, betulkah ASTRIK ada…?, Assosiasi Peternak Jangkrik Indonesia, kalau ada siapa yang tahu no telephone dan alamat ASTRIK yang tepat….?, ditunggu informasinya terima kasih wassallam Wr Wb, mohon maaf jika ada kesalahan kata-kata terima kasih.

    email ke : ciptawahana01@gmail.com

    Reply
  • 68. jaka  |  August 7, 2010 at 6:51 pm

    bos, minta info tempat jual bibit jangkrik di magelang atau jogja. Hubungi saya di: 083867002280

    Reply
  • 69. Jam'ani Zuhri  |  August 18, 2010 at 5:13 pm

    saya beternak jangkrik dan alhmdulillah hasilnya slalu memuaskan cm slama ini g dapat pasar yg bagus, boleh juga jd anggota astrik asal bs trus lancar kita butuh alamat astrik terdekat pos kita da di kota Jombang….mohon info segera

    Reply
  • 70. NOERMAN  |  August 30, 2010 at 11:39 am

    setelah saya lihat semua blog tentang jangkrik isinya hampir sama bahkan cm kopas dr blog sebelah, tulis sendiri dunk dr pengalaman msg2.. o ya untuk blok http://WWW.ASTRIK.COM isinya “JAUH” dr lengkap, tolong dunk ASTRIK lengkapin web-nya dg gambar terus uraikan cara beternak jangkrik dr peyiapan induk sampai penjualan secara lengkap dg gambar o y saya tdk menemukan cara memisahkan telur dari nampan pasir??

    Reply
  • 71. sukmi  |  September 14, 2010 at 11:40 pm

    bagi yang ingin memesan telur jangkrik bsa hub saya d 085645740187.untuk seluruh wilayah indonesia.

    Reply
  • 72. hason  |  September 16, 2010 at 9:33 am

    berapa konvesi1 kg jangkrik hidup untuk mnedapatkan 1 kg tepung jangkrik

    Reply
  • 73. bima  |  September 30, 2010 at 1:32 am

    Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu usaha. kalau di Jember apa juga bisa untuk bergabung dengan ASTRIK, Mohon petunjuknya.,….

    Reply
  • 74. Mardianto  |  October 3, 2010 at 10:02 am

    Saya peternak jangkrik asal malang,adakah contact person untuk kerjasama sharing pemasaran harga jual wilayah malang dan sekitarnya?
    ->MARDIANTO
    Jl.mataram 23/06 kidangbang wajak malang
    085646433375
    03419567234

    Reply
  • 75. tio  |  October 16, 2010 at 7:23 pm

    Nitip buka lapak ya mas..
    kami dari anggota “Gudang-Jangkrik” Wisma Asri Bekasi Jawa Barat mau menawarkan TELUR DAN JANGKRIK..
    Dengan Rincian harga :
    Jangkrik (1,2 kg): 40 rb/ karung minim 10 Karung.
    Telur jangkrik : 250 rb/kg.
    (GARANSI PASTINYA)
    Pengiriman ditanggung pembeli ya.
    Jika berminat hub: tio Bekasi 0818723020 / 085710160298
    info lebih lengkap klik aja http://gudang-jangkrik.blogspot.com/
    maturnuwun and terimakasih

    Reply
  • 76. aan mahda  |  October 20, 2010 at 9:55 pm

    saya dari kediri jatim ada gk astrik kediri klu ada alamatnya dmn..saya bingung memasarkan hasil ternak jangkrik saya selama ini saya jual ke pengepul..klu ada tlong minta alamatnya saya pnya 20 kotak jangrik dan menghasilkan 1 kw per minggu

    Reply
  • 77. rian  |  November 4, 2010 at 2:50 pm

    Salam kenal…………..
    Saya sangat tertrik dgn penjelsana diatas dan merupakan peluang bisnis yg menggiurkan, boleh saya tahu lebih rinci, dan prosedur menjadi anggota.
    bisa hubungin saya 081806022232

    Reply
  • 78. Tio  |  November 9, 2010 at 10:38 pm

    Assalamualaikum

    Nitip buka lapak ya mas..

    kami dari anggota “Gudang-Jangkrik” Wisma Asri
    Bekasi Jawa Barat mau menawarkan TELUR DAN JANGKRIK..

    Dengan Rincian harga :

    Jangkrik (1, 2 kg): 40 rb/ karung minim 10 Karung.

    Telur jangkrik : 250 rb/kg.

    (GARANSI PASTINYA)

    Pengiriman ditanggung pembeli ya.

    Jika berminat hub: tio Bekasi 0818723020

    info lebih lengkap klik aja

    http://gudang-jangkrik.blogspot.com/

    maturnuwun and terimakasih

    Reply
  • 79. roma oktavianto  |  November 25, 2010 at 10:51 pm

    saya tertarik berternak jakrik……saya minta masukan bapak” yang sudah berpengalaman di bidang ini……apa yang harus saya mulai dari awal utk melakukan usaha ternak jangkrik ini…terimakasih

    Reply
  • 80. hamzah wiyahya  |  December 27, 2010 at 8:57 pm

    saya peternak jangkrik,tapi saya masih bingung harus jual kemana mohon bsntuannya dong

    Reply
  • 81. iwan pribadi  |  January 4, 2011 at 2:14 pm

    Yth. Astrik

    Saya Minat Gmn Cara Saya

    Reply
  • 82. deddy  |  January 13, 2011 at 6:02 am

    salam kenal,
    saya tertarik untuk beternak jangkrik, lokasi saya di malang…. dimana saya bisa mendapatkan bibit jangkrik terdekat… trmksh

    Reply
  • 83. fompi Awaludin  |  January 15, 2011 at 12:19 am

    bisnis bagus ,bisnis yang luar biasa…boleh ikut donk…
    kaloo. di jakarta markasnya dimana ya…?untuk join bisnis ini gimana prosedurnya? & bisa hubungi saya di no. Hp 081211640647 , sebelumnya trims

    Reply
  • 84. ibnu chuzen  |  January 15, 2011 at 5:09 pm

    saya ingin coba trus yg di hub siapa ya,?bisa minta no hp / no telp asosiasi jangkrik

    Reply
  • 85. EVAN ,, PRAYOGA  |  January 26, 2011 at 7:55 pm

    SAYA ,,, mau mengetahui bagaimana ,,, cara untuk pengobatan ,, dan vitamin buat jangkrik … agar tdk bayk yg mati ..

    .., tlg beri tau saya bagaimana cara mengatasi kematian buat ternak jangkrik

    Reply
  • 86. ferry hutagalung  |  January 28, 2011 at 4:23 pm

    saya ingin berternak jangkrik. Apakah di medan sudah ada anggota astrik yang berternak jangkrik sudah berhasil? kalau ada saya minta alamatnya supaya bisa kosultasi. terima kasih

    Reply
  • 87. kens  |  February 1, 2011 at 9:22 pm

    Mohon diterangkan lebih lanjut syarat menjadi anggota di ASTRIK ini? saya tertarik.

    Reply
  • 88. tuti karoma  |  February 9, 2011 at 4:29 pm

    saya tertarik untuk budidaya jangkri dan menjadi anggota dari ASTRIK, tapi di bekasi ada tkd ya perwakilan ASTRIK?
    Kelebihan bergabung dengan ASTRIK apa ya?

    Reply
  • 89. ical bahri  |  February 12, 2011 at 11:47 am

    saya badri

    sy terkumpul jadi anggota para peternak jangkrik sebanyak 60 orang ,sy ingin tahu alamat astrik di jatim hub sy 03417393157

    Reply
  • 90. iksan m taqin  |  March 1, 2011 at 12:11 pm

    saya ingin ternak jangkrik, yang bisa saya minta saran dll ( telor ). di daerah sragen kota siapa ya? 081393891005 ( sms, OK )

    Reply
  • 91. ohenk  |  March 24, 2011 at 7:19 pm

    Saya Berminat dengan ternak jangkrik Namun susah Dapet telur nya,Daerah Bandung Mohon Info nya Gan…..

    Reply
  • 92. ni'am  |  March 27, 2011 at 5:49 pm

    saya berminat sekali dengan bisnis ini tlg info lengkapnya krm ke email saya ya matur nuwun…….

    Reply
  • 93. Haris  |  April 17, 2011 at 6:36 pm

    pada zaman skr mncari pekerjaan sangatlah sulit untuk lulusan SMA..saya ingin memulai suatu usaha dengan modal yg ringan dan mudah cara pengerjannya.usaha budidaya jangkrik membuat saya tertarik tetapi saya belum mndapatkan pengetahuan yg saya inginkan tentang jangkrik,bagimana mndapatkan infomasi tetang seputar usaha budidaya jangkrik???makasih

    Reply
  • 94. Davit  |  April 28, 2011 at 6:07 pm

    Kepada Yth. Pimpinan Asterik
    Bpk./ Ibu Pimpinan Asterik mohon saya minta No Telp dan alamat ASTERIK di JATIM. Hub saya di 082142155517 Kediri.
    Saya berniat untuk berkerjasama.
    Terima kasih.

    Reply
  • 95. tina  |  May 20, 2011 at 3:02 pm

    saya tinggal di jambi, saya pernah mencoba 1x berternak jangkrik, pada saat saya mau coba kedua kali, untuk mencari telornya sangat sulit, selalu barang gak ada. Kalau ada yang bisa mengirim telor dan menerima hasil jangkrik yang rutinitas, tlg hub saya. Bagaimana prosesnya / kerja samanya. hub saya 085266600808

    Reply
  • 96. fathullah  |  May 30, 2011 at 12:08 am

    asal saya Lampung pendidikan s1 tetapi saya sedang menjalani uji coba dalam peternak jangkrik,kurang lebih sudah 4bulan(pemula),sejauh ini saya sudah sedikit memahami ternak jangkrik,dari modal awal sampai sejauh ini..!
    ad tantangan berternak jangkrik ini,yaitu khusus nya didaerah Bandarlampung,Pemasaran / jual jangkrik mendapat kesulitan,sekirannya ASTRIK bisa memberika solusi terbaik dan rekan-rekan sekalian semuanya yg ada disini.

    hubungi :07219937288
    nama:fathullah

    terimakasih.

    Reply
  • 97. mulyana  |  May 31, 2011 at 11:55 am

    ass,pertama -tama saya baca di atas dan sangat menarik tentang ajakan y lalu menuruti apa yang saudara saudari jelaskan di atas. karena memberikan mengarahkan kegiatan untuk berternak jangkrik dari anda.dikarenakan daerah kampung pasirkamuning kec.telagasari sama kampung maleber kec.banyusari kab.karawang.saya dan teman saya sangat berminat.adapun pertanyaan saya?klau mau jadi anggota saya mulyana sama teman saya suteja harus daftar y kemana?lalu pengarahan apalagi supaya berkembang dan masyarakat bawah sekitar y tuk dilibatkan untuk kegiatan perternakan jangkrik dikarenakan ekonomi semakin suliy.saya tunggu balasan y ke email suteja tiara rima sama email m_yana94@yahoo.com.sebelum y saya dan teman saya mengucapkan banyak terimakasih

    Reply
  • 98. ozy  |  June 16, 2011 at 10:29 am

    pa saya tiggal dibeksi untuk pemasaran disini aga sulit untuk meningkatkan produksi krna hasil panen kita di batasi oleh agen pembeli jangkrik

    Reply
  • 99. fredyeko89  |  June 17, 2011 at 9:40 pm

    saya udah beternak jangkrik,tapi kami bingung untuk masalah pemaasaran?….. kami berada didaerah banyuwangi?… apakah Astrik bisa bekerja sama dengan kami?……..

    Reply
  • 100. fredyeko89  |  June 17, 2011 at 9:42 pm

    saya udah berternak jangkrik,tapi kami bingung untuk masalah pemasaran…….. kami berada didaerah banyuwangi. apakah kami bisa bekerja sama dengan astrik……………….

    Reply
  • 101. abdul rohim  |  June 22, 2011 at 9:58 am

    selamat pagi ,astrik di wilayah jogja saya mau minta alamatnya,

    Reply
  • 102. JOIN ACCOUNT ASTRIK  |  June 29, 2011 at 7:44 pm

    perkenalkan nama saya deny saya ingin bergabung untuk budidaya jangkrik,klo boleh tau astrik jawa timur berlokasi dimana??

    bisa e-mail saya ke deny.pribadi@yahoo.co.id

    Reply
  • 103. rudy  |  July 6, 2011 at 9:47 pm

    saya dari medan pak.saya tertarik untuk bergabung,udah 3bulan saya ternak jangkrik,
    dan saya lagi mencari penampung jangkrik.apa kah bapak b3 menampung jangkrik,kalau b3 gmn cara pengiriman dan pembayaranya

    Reply
  • 104. rudy  |  July 6, 2011 at 9:49 pm

    saya dari medan pak.saya tertarik untuk bergabung,udah 3bulan saya ternak jangkrik,
    dan saya lagi mencari penampung jangkrik.apa kah bapak b3 menampung jangkrik,kalau b3 gmn cara pengiriman dan pembayaranya berikut saya laqmpirkan no hp saya 087868817357

    Reply
  • 105. Pandu Aji Wardana  |  July 10, 2011 at 3:26 pm

    mas saya Warda orang jogja…..
    mau tanya peternak jangkrik d’jogja dmn ya…… saya mau beli telur…. kalau ternak sendiri blm berani karena blm mengerti bnr cara beternak jangkrik…..

    Reply
  • 106. agus  |  September 15, 2011 at 11:17 am

    bibit di daerah wates kulon progo sebelah mana…..?

    Reply
  • 107. Reaksi Kimia  |  September 17, 2011 at 7:00 pm

    saya sangat trtarik dg usaha ini, bgmn cara untk memulai usaha ini….
    dan dmna almat untk menjual hasil budidaya jangkrik saya.
    mohon informasinya di email saya daniel_fachrezi@yahoo.com
    ato 087872252257.
    terimakasih atas bantuannya.

    Reply
  • 108. Bah Dedeng  |  September 24, 2011 at 11:31 am

    anda mo gabung ternak jangkrik…bah dedeng 081320603008

    Reply
  • 109. Budi  |  September 30, 2011 at 2:17 pm

    Di daerah solo dan sktrnya kalo beli telur jangkrik dmna
    mhn dbantu hub:085642118601

    Reply
  • 110. dani  |  October 6, 2011 at 9:28 pm

    klo mau bli telur jangkrik dmn?

    Reply
  • 111. bebenk  |  October 19, 2011 at 11:07 am

    sangat tertarik nih, bisa telp/sms ke 085 6294 8006

    ditunggu info selengkapnya..

    trims

    Reply
  • 112. nurul  |  October 21, 2011 at 12:38 pm

    Kepada yth ibu Astrik

    maaf bu saya tertarik sekali dengan ternak jangkrik.
    saya sudah mulai berternak di kampung, karna harga penjualan di kampung kami tidak stabil harga nya banyak, dari peternak jangkrik yang merasa rugi dan tidak mau berternak lagi, tapi kami sekeluarga masi tetap bertahan untuk berternak.
    maaf bu klau boleh saya tau,, gimana ya cara nya agar kami bisa menjadi angota organisasi ibu. dan apa aja persaratan yg perlu kami sedia kan.
    saya menunggu jawaban email dari bu Astrik dan nomer telp ibu yang bisa saya hubungi. trimah kasih sebelum nya. email saya: buyung1@yahoo.co.id

    hormat saya
    nurul

    Reply
  • 113. maz bintang  |  October 24, 2011 at 1:02 pm

    salam kenal astrik.. Sy peternak jangkrik dari subang.. Mau nanya kira2 sy dapat berbagi bisnis dgn astrik? Mhn dibantu kira2 persyaratan apa utk bisa berhubungan astrik? Sy memiliki stok lumayan besar.. Harga nego. Hp.085221878555

    Reply
  • 114. Heri kamal  |  November 11, 2011 at 6:14 am

    Salam knl untk smuanya. Nama saya heri kamal dari jambi. Saya mempunyai kursus ptrnkan salah satunya ternak ulat hongkong dan jgkrik, saat ini anggota kami telah 24 org untk jgkrik. Yg ingin membuthkan jgkrik trus mnerus tnpa putus bs hub k hp 0813666060718 atau 085266448015. Trims

    Reply
  • 115. vivian  |  November 13, 2011 at 1:20 pm

    saya di medan,sumut saya ingin membeli telur jangkrik,ada yang tau ga tempat jual telur jangkrik di medan?mohon petunjuknya..trims

    Reply
  • 116. agus  |  November 24, 2011 at 8:17 am

    saya berminat skali dengan budidaya jangkrik.g mna caranya tuk bdidayanya…

    Reply
  • 117. arman  |  November 24, 2011 at 12:22 pm

    mhn konfrmasi …. kalau saat2 skrng nich …. prospekny bgmn ya.., sy sgt ingin mencoba, trus apa ada astrik yng di Cimahi……, siapa yg hrs sy hub untk mhn penjelasan scr langsung……,????…matur nuwun…….

    Reply
  • 118. agung wibowo  |  November 27, 2011 at 11:27 am

    sya mau bli jangkrik langsung dari peternak, bisa ga

    Reply
  • 119. agung wibowo  |  November 27, 2011 at 11:28 am

    hubungi saya 08568257192, daerah bekasi

    Reply
  • 120. Bahrul Ulum  |  November 30, 2011 at 11:58 pm

    assalamu alaikum…

    slam knal sblumnya,,, saya ingin mencoba usaha ternak jangkrik ini walau saya masih kuliah… saya ingin sekali menjadi member astrik itu, tapi bagaimana caranya? terus ada biaya ongkos kirim tidak untuk pengirim barang dan pengiriman jangkriknya kemudian hari?

    terima kasih

    Reply
  • 121. karis  |  December 22, 2011 at 8:50 pm

    saya karis dari Solo, daerah kami sekarang banyak peternak jangkrik, kami lagi cari agen pembeli jangkrik dengan harga yang pantas.

    Reply
    • 122. yudi  |  April 13, 2012 at 12:10 pm

      085647542904
      kami beli jangkrik anda dgn harga pantas.
      mksih

      Reply
      • 123. hikmat  |  May 15, 2012 at 7:23 pm

        domisilinya dimana ?

  • 124. bintari  |  January 6, 2012 at 1:17 pm

    Ditempat saya banyak yg berternak jangkrik tapi tidak ada yang membeli tidak ada yang menampungnya jadi dijual sembarangan mohon bantuanya penjualannya

    Reply
  • 125. TOKO BUKU PETERNAKAN ONLINE  |  January 15, 2012 at 8:01 pm

    dapatkan bukunya disini rekan-rekan semua…

    Reply
  • 126. ridho  |  January 19, 2012 at 5:04 pm

    jangkrik jaktim = hub = 02141585814/02180880830/081282107946

    Reply
  • 127. ridho  |  January 19, 2012 at 5:05 pm

    klu mslh jual beli sy urusannya..!!

    Reply
  • 128. Agus Mastur  |  January 31, 2012 at 10:06 am

    saya butuh info kemana saya harus jual krik – krik yang saya ternakan ? kalu perusahaan apa dan siapa kalau pengepul siapa dan alamatnya di mana ?

    Reply
  • 129. Tri Fanani ( Ifan )  |  January 31, 2012 at 3:20 pm

    mbak astrik. saya sudah agak lama tertarik sama budidaya jangkrik. malh saya sudah nyiapin kandang segala. tapi begitu kandang sisap, saya kesulitan cari telurnya, trs pemasarannya. kira2 mbak astrik bisa bantu nggak ya ? dan kalau pingin jadi anggotanya caranya gimana ya ? apa bisa kalau saya d malang trs mbak astriknya di yogya. maaf kalai saya salah panggil.

    Reply
  • 131. budi setiawan  |  February 9, 2012 at 12:44 pm

    saya mau jd peternk crny gmana

    Reply
  • 132. dhandy  |  February 20, 2012 at 1:41 am

    nnn

    Reply
  • 133. chiko  |  February 23, 2012 at 8:02 pm

    waw,,, aku suka dan tertarik banget dengan ternak jangrik, tapi aku masih bingung tentang cara memelihara, dan cara pendistribusiannya, soalnya yang aku tahu hanya ada di pasar tradisional yang hanya di peruntukkan pakan hewan burung saja, tolong dong infonya, aku juga punya halaman rumah yang luas jadi sangat mubadzir bila tidak dimanfaatkan dengan baik

    Reply
  • 134. Yanyan Coa  |  March 26, 2012 at 1:16 pm

    salam kenal,bos saya baru mau coba ternak jangkrik,mohon bantuan gmn cara mendapatkan telur jangkrik dan pemasarannya gmn?apakah di solo ada,soalnya saya tinggal di solo, thx

    Reply
  • 135. Iis nur aisyah  |  March 28, 2012 at 10:05 pm

    saya tertarik untuk beternak jangkrik, tolong infonya gimana caranya jadi anggota astrik, domisili saya di depok jawa barat, terima kasih

    Reply
  • 136. endah  |  April 3, 2012 at 2:00 pm

    kalo mo jual hasil ternak dari ambarawa dimana ya buk ?

    Reply
  • 137. hari  |  April 9, 2012 at 11:12 am

    bos kalo diwilayah banyumas bsa jd peternakanya da?

    Reply
  • 138. gatot prasetyo  |  April 23, 2012 at 7:43 pm

    gan mo tanya kalo suplier telur jangkrik wilayah tangerang dimana ya ?……

    Reply
    • 139. thomson hasibuanku  |  May 15, 2012 at 5:40 pm

      Dear All,untuk wilayah jakarta,jika ingin beli telor jangkrik hub 08158381635,

      salam

      Reply
  • 140. Fitri Nuryanti  |  April 24, 2012 at 10:52 am

    Saya tertarik untuk beternak jangkrik. bagaimana saya bisa bergabung menjadi anggota Astrik. terimakasih.
    saya tinggal di Sleman Yogyakarta

    Reply
  • 141. sharminkhaan  |  May 9, 2012 at 2:43 pm

    aq pgn gabung. bs mnt no telpny ga?

    Reply
  • 142. yuli gimel  |  May 12, 2012 at 1:42 am

    saya mau ikutan pelatihannya dimana ya? mohon infonya makasih

    Reply
  • 143. widha  |  May 25, 2012 at 6:28 pm

    p kh jgkrek bs gnti kulit kyak ular

    Reply
  • 144. margono  |  June 20, 2012 at 3:35 pm

    Saya tertarik utuk beternak jangkrik, dimana kami bisa belajar?

    Reply
  • 145. dwi  |  April 2, 2013 at 8:02 pm

    Tolong alamat astik di pekan baru klau ada

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pilih bahasa

Categories

status

kaskusradio.com

KasKusRadio - Indonesian Radio

rank

Alexa Certified Traffic Ranking for ayobertani.wordpress.com
April 2009
M T W T F S S
    May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: