ternak ayam hutan hijau

April 15, 2009 at 8:23 pm 48 comments

ayam_hutan_hijauAyam-hutan Hijau adalah nama sejenis burung yang termasuk kelompok unggas dari suku Phasianidae, yakni keluarga ayam, puyuh, merak dan sempidan. Ayam hutan diyakini sebagai nenek moyang ayam peliharaan. Dalam bahasa daerah, ayam ini disebut dengan berbagai nama seperti canghegar atau cangehgar (Sd.), ayam alas (Jw.), ajem allas atau tarattah (Md.).

Memiliki nama ilmiah Gallus varius (Shaw, 1798), ayam ini dalam bahasa Inggris disebut Green Junglefowl, Javan Junglefowl, Forktail, atau Green Javanese Junglefowl; yakni merujuk pada warna dan asal tempatnya.

Ciri-Ciri

Burung yang berukuran besar, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 60 cm pada ayam jantan, dan 42 cm pada yang betina.

Jengger pada ayam jantan tidak bergerigi, melainkan membulat tepinya; merah, dengan warna kebiruan di tengahnya. Bulu-bulu pada leher, tengkuk dan mantel hijau berkilau dengan tepian (margin) kehitaman, nampak seperti sisik ikan. Penutup pinggul berupa bulu-bulu panjang meruncing kuning keemasan dengan tengah berwarna hitam. Sisi bawah tubuh hitam, dan ekor hitam berkilau kehijauan. Ayam betina lebih kecil, kuning kecoklatan, dengan garis-garis dan bintik hitam.

Iris merah, paruh abu-abu keputihan, dan kaki kekuningan atau agak kemerahan.

Penyebaran dan Kebiasaan

Ayam yang menyukai daerah terbuka dan berpadang rumput, tepi hutan dan daerah dengan bukit-bukit rendah dekat pantai. Ayam-hutan Hijau diketahui menyebar terbatas di Jawa dan kepulauan Nusa Tenggara termasuk Bali. Di Jawa Barat tercatat hidup hingga ketinggian 1.500 m dpl, di Jawa Timur hingga 3.000 m dpl dan di Lombok hingga 2.400 m dpl.

Pagi dan sore ayam ini biasa mencari makanan di tempat-tempat terbuka dan berumput, sedangkan pada siang hari yang terik berlindung di bawah naungan tajuk hutan. Ayam-hutan Hijau memakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing, kodok dan kadal kecil.

Ayam ini kerap terlihat dalam kelompok, 2 – 7 ekor atau lebih, mencari makanan di rerumputan di dekat kumpulan ungulata besar seperti kerbau, sapi atau banteng. Selain memburu serangga yang terusik oleh hewan-hewan besar itu, Ayam-hutan Hijau diketahui senang membongkar dan mengais-ngais kotoran herbivora tersebut untuk mencari biji-bijian yang belum tercerna, atau serangga yang memakan kotoran itu.

Pada malam hari, kelompok ayam hutan ini tidur tak berjauhan di rumpun bambu, perdu-perduan, atau daun-daun palem hutan pada ketinggian 1,5 – 4 m di atas tanah.

Ayam-hutan Hijau berbiak antara bulan Oktober-Nopember di Jawa Barat dan sekitar Maret-Juli di Jawa Timur. Sarang dibuat secara sederhana di atas tanah berlapis rumput, dalam lindungan semak atau rumput tinggi. Telur 3-4 butir berwarna keputih-putihan.

Tak seperti keturunannya ayam kampung, Ayam-hutan Hijau pandai terbang. Anak ayam hutan ini telah mampu terbang menghindari bahaya dalam beberapa minggu saja. Ayam yang dewasa mampu terbang seketika dan vertikal ke cabang pohon di dekatnya pada ketinggian 7 m atau lebih. Terbang mendatar, Ayam-hutan Hijau mampu terbang lurus hingga beberapa ratus meter; bahkan diyakini mampu terbang dari pulau ke pulau yang berdekatan melintasi laut.

Pagi dan petang hari, ayam jantan berkokok dengan suaranya yang khas, nyaring sengau. Mula-mula bersuara cek-kreh.. berturut-turut beberapa kali seperti suara bersin, diikuti dengan bunyi cek-ki kreh.. 10 – 15 kali, dengan jeda waktu beberapa sampai belasan detik, semakin lama semakin panjang jedanya. Kokok ini biasanya segera diikuti atau disambut oleh satu atau beberapa jantan yang tinggal berdekatan. Ayam betina berkotek mirip ayam kampung, dengan suara yang lebih kecil-nyaring, di pagi hari ketika akan keluar tempat tidurnya.
Ayam hutan dan manusia

Ayam hutan hijau adalah kerabat dekat leluhur ayam peliharaan, ayam-hutan merah (Gallus gallus). Ayam hutan merah yang menyebar luas mulai dari Himalaya, Tiongkok selatan, Asia Tenggara, hingga ke Sumatra dan Jawa. Pada pihak lain, ayam-hutan hijau tersebar di Jawa, Bali dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya. Ayam hutan dari Jawa Timur dikenal sebagai sumber tetua untuk menghasilkan ayam bekisar. Bekisar adalah persilangan antara ayam-hutan hijau dengan ayam kampung.

Bekisar dikembangkan orang untuk menghasilkan ayam hias yang indah bulunya, dan terutama untuk mendapatkan ayam dengan kokok yang khas. Karena suaranya, ayam bekisar dapat mencapai harga yang sangat mahal. Bekisar juga menjadi lambang fauna daerah Jawa Timur.

sumber dinas peternakan jateng

About these ads

Entry filed under: peternakan. Tags: .

Menanam Rumput, Memanen Antibiotik budidaya ubi jalar

48 Comments Add your own

  • 1. Gogor  |  November 5, 2009 at 10:42 am

    Tolong dong informasi tata cara budidaya ayam hijaunya dikandang, karena udah cari info dimana mana nggak dapat, mkasih mohon di balas.

    Reply
  • 2. SULAEMAN  |  December 10, 2009 at 11:32 pm

    siapa yang mempunyai atau beternak ayam hutan hijau jantan dan menjujalnya akan saya beli? hubungi email saya kahfi_sulaiman@yahoo.co.id. mksh

    Reply
    • 3. Theo  |  September 18, 2010 at 12:10 pm

      Pak sy br mengembangkan ayam huatan hijau,dan sy punya beberapa ekor dari umar 1minggu smp yg dewasa.Mau?smua dari ternakan bkn tangkapan hutan!

      Reply
    • 4. adhitya  |  January 26, 2011 at 8:45 am

      berapa ekor om????

      Reply
    • 5. adhitya  |  February 6, 2011 at 10:43 pm

      saya ommm

      Reply
    • 6. Arhi  |  September 8, 2011 at 8:52 pm

      sy jual ayam hutan
      klo mau hub 081342058817

      Reply
  • 7. resky  |  January 6, 2010 at 2:24 pm

    tolong kirimkan cara budidaya alyam hujan

    Reply
    • 8. didik  |  April 18, 2011 at 11:26 pm

      Pengalaman saya tahun 1997, beternak ayam hutan sulit, tetapi lebih muda dari pada menyilangkan dgn ayam kampung (produksi bekisar).
      Asal jantan dan betinanya adalah hasil tetasan sendiri (saya membeli telur dari pencari rumput di hutan). Rencana di tangkarkan dengan ayam kampung, tetapi pejantan ayam hutan cenderung takut, akhirnya saya campurkan ayam hutan jantan dan betina dalam 1 kandang ukuran 2X3X2 m, akhirnya betina tsb bertelur meski tidakm mau mengeram ( masih takut orang lewat). Telur tsb saya ambil dan saya masukkan mesin tetas dan sukses menetas. Selamat mencoba.

      Reply
  • 9. wanto  |  January 28, 2010 at 3:41 pm

    Dimana bisa di dapat bibit ayam bekisar.

    Reply
  • 10. dony  |  February 11, 2010 at 10:52 pm

    tolong saya dkirimi artikel tentang tatacara beternak ayam hutan, dari persiapan kandang sampai pembesaran anak ayam htan trsbt, tolong dkrmkan ya……….

    Reply
  • 11. jay  |  February 27, 2010 at 3:20 pm

    saya punya ayam alas indukan mau?hubungi 081252636208

    Reply
  • 12. Tomo  |  March 6, 2010 at 9:44 am

    Mohon informasi, dimana saya bisa mendapatkan bakalan ayam hutan hijau, terimakasih.

    Reply
  • 13. Ari  |  March 12, 2010 at 3:08 pm

    Kalo ada yg butuh bibit ayam bekisar bisa hub sy.Ari.08121570380

    Reply
    • 14. okik  |  May 17, 2010 at 7:42 pm

      domi dimana bang.minta berapa per pasang bang.?

      Reply
    • 15. anang  |  May 9, 2012 at 2:12 pm

      mas ari domisili dimana ? dan brp harga bibitan ayam hutan y serta brp umur y ?

      Reply
  • 16. mansyur  |  March 13, 2010 at 12:49 pm

    dimana bibit ayam bekisar,mohon infonya

    Reply
  • 17. yaqin  |  April 14, 2010 at 9:42 am

    ada dijember tepatnya dibalung jln puger atas nama bapak dayat mts baitul arqom komplit coy.

    Reply
  • 18. nizar  |  April 18, 2010 at 6:27 pm

    yg jual bibit / indukan seputaran sby dmna. mohon info.

    Reply
  • 19. frederico  |  April 23, 2010 at 10:29 am

    hi, saya mau ingin tau bagemana cara dilindungi ayam sakit supaya
    jangan mengular ke yg lain.

    Reply
  • 20. darwis  |  May 8, 2010 at 11:12 am

    mohon informasi dimana saya dapat membeli ayam hutan hijau dan berapa kisaran harganya? tolong infokan ke email: darwismaskot@yahoo.co.id

    trims

    Reply
  • 21. LAM DIEN FU  |  June 4, 2010 at 11:32 pm

    kami pengrajin pembuatan kawat ayam berkulitas bagus dan berbagai model ukuran sesuai permintaan..untuk keperluan pembuatan kandang ayam..bisa juga untuk pembuatan pagar,jendela,pintu,dll.. bila anda memerlukan kawat ayam,kami bisa melayani anda,alamat kami di surabaya. bila berminat silahkan hubungi flexi 03181999450 atau telp 0315478552. sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas respon anda.

    Reply
  • 22. nurul  |  June 19, 2010 at 7:27 pm

    kirimi q donk cara memelihara ayam hutan di kandang, qudah punya ayam jantannya tapi gak bisa jodohin ama ayam kampuang.pls donk kirimi q ya……mkc,

    Reply
  • 23. muh. naufal alvaro  |  June 20, 2010 at 10:00 pm

    saya ingin berternak ayam bekisar,…. maaf, bisa tolong kasih infonya tentang cara bertenak ayam bekisar mulai dari penetasan hingga pembesaran

    Reply
  • 24. arief  |  June 23, 2010 at 9:32 am

    saya punya ayam hutan merah kondisi sehat,sudah dijodohkan dengan ayam kampung sudah bertelur nanti akan jadi bekisar, berkokok pagi siang dan sore “cekegreeeeek….”, mau nawar silahkan hubungi email ini…..

    Reply
  • 25. Julina rachman  |  July 3, 2010 at 8:10 am

    di Medan manakah terdapat banyak ayam bekisar

    Reply
  • 26. zie  |  August 2, 2010 at 6:41 pm

    yg cari bakalan ayam hutan ijo, ato yg dewasa boleh kontak saya. di only110v @ yahoo.com.

    Reply
  • 27. Tao  |  August 24, 2010 at 4:00 pm

    saya punya ayam hutan hijau jantan yang berminat hub 085256438438..
    baru di dapat dari hutan…………

    Reply
  • 28. shella  |  September 17, 2010 at 12:00 am

    boloeh nggak ya, minta Fotonya?

    Reply
  • 29. Theo  |  September 18, 2010 at 12:17 pm

    oh ya bg yg mau tkr informasi soal ayam hutan,bs call atau sms ke no 024-70637062 biar slg tambah pengalaman…

    Reply
  • 30. Agus  |  October 1, 2010 at 4:40 pm

    tolong yang punya info peternak ayam hutan di sekitar semarang atau jateng

    Reply
  • 31. endik  |  December 30, 2010 at 7:39 pm

    dijual ayam alas indukaan hubungi 085648187275 (endik).
    lamongan,JATIM

    Reply
  • 32. endik  |  December 30, 2010 at 7:52 pm

    jual ayam hutan umur 1bulan – indukan hubungi 085732054013 (yono).
    lamongan, JATIM

    Reply
  • 33. suroto  |  January 11, 2011 at 1:57 pm

    postur tubuh ayam hutan hijau dan merah kok jauh sekali ya.

    Reply
  • 34. usnio  |  January 12, 2011 at 10:51 pm

    untuk daerah jakarta dsktrnya dan bandung dsktrnya dimana saya bisa membeli bibit ayam hutan hijau …tks

    Reply
  • 35. eko  |  February 2, 2011 at 10:32 pm

    saya punya induk an ayam hutan hijau.yg berminat hub sy eko 087772679877.yogyakarta

    Reply
  • 36. Amir  |  March 3, 2011 at 12:50 pm

    tolong kirimkan cara beternak ayam hutan hijau agar mau kawin dengan ayam kapung, gemana cara pembuatan kandangnya dan berapa ukurannya

    Reply
  • 37. didik  |  April 19, 2011 at 12:13 am

    Setuju untuk menagkarkan ayam hutan Hijau dan Merah ( jawa:bekikuk). Banyak di jual hasil penangkapan liar, akan mengurangi populasi dan sangat sulit di pelihara. Sangat sayang bila hasil tangkapan liar akan lari ke dapur. Mending kita beli telurnya, jangan ayamnya meski muda, tidak akan bisa di tangkarkan dan selalu liar. Mari kita membantu pelestariannya.

    Reply
  • 38. didik  |  April 19, 2011 at 12:16 am

    Setuju untuk menagkarkan ayam hutan Hijau dan Merah ( jawa:bekikuk). Banyak di jual hasil penangkapan liar, akan mengurangi populasi dan sangat sulit di pelihara. Sangat sayang bila hasil tangkapan liar akan lari ke dapur. Mending kita beli dari peternak , jangan ayamnya meski muda, tidak akan bisa di tangkarkan dan selalu liar. Mari kita membantu pelestariannya.

    Reply
  • 39. Riswanto  |  April 26, 2011 at 7:58 pm

    Sy punya sepasang ayam hutan, tpi sy ga tau jenis apa.
    Klo ada yg mau beli silahkan hub. 081514339496
    alamat sy sukabumi jabar.

    Reply
  • 40. eko  |  May 26, 2011 at 12:43 am

    kira2 dmana sy bisa mendapatkan ayam hutan,ada yg jual pacekannya ga tlong informasiny..

    Reply
  • 41. Kusnanto  |  June 22, 2011 at 5:51 am

    Saya ingin beternak ayam hutam, mohon info cara pemeliharaanya. thanks.

    Reply
  • 42. alifve  |  September 3, 2011 at 6:12 am

    Makasih infonya ya, salam kenal.

    Reply
  • 43. handri thiopradana  |  December 7, 2011 at 8:16 pm

    Saya mulai tertarik memelihara ayam hutan.Harapanku dapat mengasilkan ayam bekisar.Saya minta dibantu dalam hal memperoleh data artikel yg berhubungan dgn hal ini.Karena saya kesulitan dlm mencari data yg detaildlm penengkarannya.
    Terima kasih.

    Reply
  • 44. yunef  |  December 24, 2011 at 1:03 pm

    dimana saya bisa bertemu peternak ayam hutan hijau??bukan bekisar nya ya???

    Reply
  • 45. Hassan  |  February 6, 2012 at 11:07 pm

    Gimana saya bisa memperoleh/Mendapatkan/Membeli ayam hutan hijau ini?kasi tau dong. By hassan johor malaysia. tel:013-7440123

    Reply
  • 46. raja  |  March 26, 2012 at 9:10 pm

    dimana sy bs mendapatkan bibit ayam bekisar. dan bgmn cara beternak ayam bekisar mulai dr persiapan kandang dan pakannya..

    Reply
  • 47. Ochay  |  May 19, 2012 at 9:36 pm

    Maaf,stlh Membaca Tentang Pelestarian Ayam Hutan Hijau,dimana Mendptkan Anakan diJkrt&Bekasi utk diternak,Mhn Infonya

    Reply
  • 48. Agus  |  May 27, 2012 at 7:34 pm

    Saya bth anakan ayam hutan umur 1minggu_2 bln sp y punya n brapa harganya hbgi saya 085227076082

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pilih bahasa

Categories

status

kaskusradio.com

KasKusRadio - Indonesian Radio

rank

Alexa Certified Traffic Ranking for ayobertani.wordpress.com
April 2009
M T W T F S S
    May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: