budidaya ubi jalar

April 16, 2009 at 2:43 am 32 comments

ubi_jalar

Ubi Jalar
(Sweet Potato (Ingg.), Ipomoea batatas (Latin)) Famili: Convolvulaceae

Ditanam luas di Amerika Selatan sebelum kebudayaan Inka, diintroduksi ke Spanyol sebelum kentang. Di Asia Timur, Polynesia sebelum tahun 1250 M menyebar ke Selandia Baru abad 14, menyebar ke Cina tahun 1594 M.

Bagian yang dikonsumsi:

Umbi dan daun muda

Deskripsi:

Tanaman tahunan dikotil dengan batang menjalar. Warna kulit umbi bisa putih, kecoklatan, merah, ungu agak merah, atau kuning dengan warna umbi bisa putih, kuning, oranye atau merah. Hari panjang meningkatkan pertumbuhan batang, sedangkan hari pendek merangsang pembesaran umbi dan pembungaan.

Bagian yang dikonsumsi:

Umbi serta pucuk dan daun muda

Kandungan Gizi:

Ubi yang berwarna kuning kaya karbohidrat dan provitamin A. Daun dan pucuk muda tinggi kandungan vitamin A dan C serta proteinnya.

Suhu:

Suhu optimum 24 °C. Tanaman berhenti tumbuh pada suhu 15 °C.

Budidaya:

* Perbanyakan dari stek batang atau tunas dari umbi

* Pemupukan K tinggi

Panen:

* 3-4 BST

khasiat

Ubi jalar (Ipmoea batatas L) terbukti mengurangi resiko buta pada anak
balita. Hal itu terungkap dalam hasil penelitian oleh Dr Muhilal (1991)
dan para peneliti dari Puslitbang Gizi Depkes. Dilaporkan bahwa di
Kabupaten Jaya Wijaya, Irian Jaya, yang semula diduga mempunyai prevalensi
xeroftalmia lebih daripada 0,5 persen, ternyata tidak dijumpai satu kasus
pun penyakit xeroftalmia. Xeroftalmia adalah suatu penyakit mata yang
disebabkan kekurangan vitamin A, berupa adanya bercak bitot dan bila tidak
segera diobati dapat mengakibatkan kebutaan.

Menurut Muhilal, hal ini antara lain disebabkan oleh kebiasaan masyarakat
Lembah Baliem tersebut yang senang mengkonsumsi ubi jalar dan daunnya,
serta buah merah, yang masing-masing mengandung betakaroten, senyawa
provitamin A dalam jumlah yang banyak.

Satu porsi ubi rebus yang berwarna kuning emas, sekitar 200 gram saja
misalnya, mampu menyediakan betakaroten sekitar 5400 mikrogram, atau
setara dengan 900 retinol ekivalen (RE). Angka tersebut sudah jauh di atas
angka kecukupan vitamin A yang dianjurkan (350-600 RE).

Kadar betakaroten ubi jalar dapat diperkirakan dari warnanya, kecuali ubi
jalar ungu, semakin kuat intensitas warna kuningnya semakin besar pula
kandungan betakarotennya. Kandungan beta karoten ubi jalar tersebut adalah
paling tinggi di antara padi-padian, umbi-umbian, dan hasil olahannya.

Harus dimasak

Perlakuan panas pada saat pemasakan (direbus atau digoreng) menyebabkan
retensi betakaroten menjadi 80-90 persen. Angka tersebut tidak dijumpai
pada bahan makanan pokok lainnya seperti beras, singkong, jagung, dan
sagu.

Ubi jalar yang digoreng akan meningkat bioavailability betakarotennya
karena minyak berperan sebagai pelarut senyawa tersebut. Di dalam tubuh,
betakaroten menjadi lebih mudah diserap dan akan mengalami metabolisme
lanjutan. Sekitar sepertiga dari beta karoten yang diserap kemudian
diangkut oleh chylomicron, dan sisanya akan diekskresikan. Selanjutnya
betakaroten akan diubah untuk beberapa fungsi.

Fungsi betakaroten tersebut, pertama, adalah sebagai prekursor vitamin A
yang secara enzimatis berubah menjadi retinol, zat aktif vitamin A dalam
tubuh. Dilaporkan konsumsi vitamin A yang selalu cukup dalam jangka waktu
beberapa tahun, di dalam hati akan tertimbun cadangan vitamin A yang dapat
memenuhi kebutuhan sampai sekitar tiga bulan tanpa konsumsi vitamin A dari
makanan.

Vitamin A sangat berperan dalam proses pertumbuhan, reproduksi,
penglihatan, serta pemeliharaan sel-sel epitel pada mata. Vitamin A juga
sangat penting dalam meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap
serangan penyakit.

Fungsi kedua, sebagai anti-oksidan yang kuat untuk menetralisir keganasan
radikal bebas, penyebab penuaan dini dan pencetus aneka penyakit
degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung. Jadi hal ini juga akan
meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit
degeneratif.

Ketiga, menghaluskan kulit dan menyehatkan mata. Hal ini sangat penting
terutama bagi wanita yang ingin berkulit halus dan memiliki kecantikan
alami.

Selain kandungan betakaroten dan vitamin A yang tinggi, ubi jalar
mengandung banyak karbohidrat (75-90 persen) yang terdiri dari pati (60-80
persen berat kering), gula (4-30 persen berat kering), selulosa,
hemiselulosa, dan pektin.

Dalam 100 gram ubi jalar terkandung energi (123 kkal), protein (2,7 gram),
lemak (0,79 gram), mineral kalsium (30 mg), fosfor (49 mg), besi (4 mg),
Vitamin B-1 (0,09 mg), vitamin B-2 (0,32 mg), vitamin C (2-20 mg), dan air
(68,5 persen).

Selain direbus atau digoreng, ubi jalar dapat diolah jadi keripik, tepung
ubi jalar, bahan campuran garam meja, CMC (carboxymetyhyl cellulose), dan
bahan MSG. Dari tepung ubi jalar dapat dibuat menjadi cookies, jam, kecap,
muffin, dan lain-lain.

Mencegah konstipasi

Hal yang mesti diperhatikan dari tepung ubi jalar antara lain kandungan
proteinnya relatif rendah dan kadang-kadang rasanya agak pahit. Untuk
meningkatkan kadar protein tersebut, dalam pembuatan kue tepung ubi jalar
dapat dicampur dengan kacang hijau, kedelai, atau gude. Sedangkan untuk
memperbaiki rasanya dapat dilakukan dengan menambahkan bahan flavor.

Umumnya kalau makan ubi jalar atau singkong orang akan sering buang angin.
Hal ini karena kandungan oligosakarida pada ubi jalar cukup banyak
sehingga akan menimbulkan flatulens. Namun hal itu tidak terlalu
bermasalah, karena oligasakarida tersebut bermanfaat untuk kesehatan,
khususnya untuk mencegah timbulnya konstipasi.

Oleh karena itu sediakanlah makanan ringan dari ubi jalar dalam menu Anda.
Bisa dalam bentuk gorengan, rebusan, atau kue dari tepungnya. Tidak perlu
setiap hari, kudapan ubi jalar itu cukup 2-3 kali seminggu.

Ubi jalar yang baik dikonsumsi adalah yang berwarna kuning hingga oranye,
karena kandungan provitamin A-nya tinggi. Dengan itu diharapkan akan
mengurangi resiko mata mereka buta akibat kekurangan vitamin A, dan
sekaligus juga akan meningkatkan daya tahan maupun kekebalan tubuh mereka
terhadap serangan penyakit.

sumber  situs hijau

About these ads

Entry filed under: pertanian. Tags: .

ternak ayam hutan hijau Jeruk Berbuah Pepaya (jerpaya)

32 Comments Add your own

  • 1. Siti  |  June 13, 2009 at 11:56 am

    saya tertarik untuk berbudidaya ubi jalar tapi kesulitan untuk mendapatkan bibit yang bagus kira2 dimana saya bisa mendapatkan bibit ubi jalar yang bagus? terima kasih

    Reply
    • 2. genduters  |  June 14, 2009 at 8:56 am

      saya sarankan kalau ingin menanam ubi jalar yang jenis ubi jalar ungu
      untuk mencari bibitnya saya juga masih dalam prosesmencari
      karena saya juga tengah mencoba mengembangkan ubi jalar ungu

      regard

      Reply
  • 3. cuki hsb  |  August 22, 2009 at 4:13 pm

    saya sudah pernah berbudidaya ubi jalar. tapi budidaya saya ini belum tergolong berhasil padahal menurtsaya perlakuan yang saya beri sudah bagus, jadi menurut teman2 apa sih kurangnya perlakuan yang saya beri? blas ya ke cukinncu@yahoo.co.id.thanks…….

    Reply
  • 4. edox  |  November 19, 2009 at 11:54 am

    kalo ada bibit ubi jalar yang lebih mantap dari sebelumnya ksih ya ya…
    saya bertani ubi jalar kok gak mencapai target…
    ya memang baru dua kali produksi…
    kalo ada info ksih tau dunkz….

    Reply
  • 5. hardy  |  November 30, 2009 at 4:37 pm

    saya dapat ubi jalar ungu yang kulitnya abu abu dari tetangga yang beli umbinya di dareah sekitar puncak. saya tanam umbi 4 buah. tumbuh 2. 2 mati. sekarnag cukup banyak saya tanam ditanah kosong sebelah rumah. kalau anda dekat silakan lihat di rumah saya di bojong gede bogor. hardythe@cbn.net.id

    Reply
    • 6. Lesmana  |  May 27, 2010 at 8:36 pm

      kang hardy bisa saya minta persen kontak kang hardy n alamat di bojong gede terima kasih

      Reply
    • 7. testimonita  |  November 3, 2011 at 4:22 pm

      bojong gedenya di sebelah mana..?
      mungkin saya bisa mampir untuk melihat tanaman ubu jalar ungunya :)
      saya sedang tertarik untuk mencoba membudidaya ubi

      Reply
  • 8. hardy  |  November 30, 2009 at 4:39 pm

    ubi yang saya tanam kulitnya abu abu tapi isinya ungu terang setelah direbus. beda dengan gambar di atas. saya tak tahu namanya tapi manis dan saya baru pertama temu ini. iasnya paling biru yang agak mirip.

    hardy

    Reply
  • 9. Edobing  |  December 2, 2009 at 3:06 pm

    Kalau ada resep cara bertanam ubi jalar tolonglah dimuat di blog ini, dan juga bila dibutuhkan sangat, tolonglah diberitahukan dimana bibitnya didapat atau diperoleh.
    Karena melihat kegunaannya adalah sangat banyak. Kandungan gizi – vitamin dan proteinnya juga mencukupi sebagai bahan pangqan alternatif. Terimakasih atas perhatiannya.

    Reply
  • 10. arsen  |  January 5, 2010 at 10:57 am

    palak aku pning jugo nyari bibit ubi jalar ungu ko, orang ado dak yg nanam e….

    Reply
  • 11. andy  |  January 12, 2010 at 12:11 am

    3 bln yg lalu, saya mmbuat guludn 30cm dn tinggi 30 cm, jrk tnam bibit 30 cm,bibit yg d tnm bersl dr stek pcuk dan dan batang yg ms mdah dngan pnjng 30cm dn sy tnam kdlman10cm stiap 15 hr sy melakkn pmblikan btng ubijlar yg memanjang kluar dr guludan, prtmbuhan daun dn btng norml. tp anehx smpai blan ini ubijalar sy gali yg ad cuman akar serabut yg sbur dn rimbun sj yg ad umbix ga ad,:-( kira kira ap dn kslahnx di mana? minta tolnk dunk teman2

    Reply
    • 12. hariono mansur  |  September 24, 2011 at 9:22 pm

      saya rasa cara anda tanam sebenarnya sudah betul, ubi rambat yang tumbuh dgn btg yg terlalu panjang dan subur memang tdk ada buahnya, tapi sayang anda tdk sebut pupuk apa saja yg anda berikan, saya jg petani ubi, umumnya : 1). ubi sgt butuh zat ( K ) kalium 2). bibit ug anda tanam jg sangat mempengaruhi hasil ubi, biasanya bibit tdk klebih dari 3 generasi penanaman. trims, semoga bermanfaat bg anda

      Reply
  • 13. dedy  |  February 20, 2010 at 12:02 am

    saya butuh ubi jalar kulit unggu isi kuning.dimana kah saya bisa dapat infonya?
    tlng kirim ke email saya

    tq

    Reply
    • 14. riswan  |  December 24, 2011 at 11:57 pm

      berapa harganya mas bisa beli ? berapa banyak keperluannya ?

      Reply
      • 15. riswan  |  December 24, 2011 at 11:58 pm

        hub saya di 085715910739. saya juga punya kelapa dan pisang. barang kali kita bisa bermitra

  • 16. Ir.sidik D.R  |  February 21, 2010 at 11:43 pm

    kami memiliki kebun ubi jalar seluas 2,5 Ha di daerah sukabumi, Kami tertarik budidaya ini karena memiliki teknologi yang sederhana namun harus bisa cara budidayanya yang tepat. Banyak kegagalan dalam budidaya ini karena kurang pengetahuan dalam budidayanya. Kami memiliki beberapa resep budidaya untuk anda pecinta hobby bertani ubi jalar.

    Kami telah membudidayakan beberapa jenis ubi jalar yaitu jenis AC. Kuning yang kaya vitamin C dab B, Es-Q untuk kripik ubi jalar, Samarinda yang dalamnya ungu, Jenis Umbi jepang Naruto yang berkulit merah. dan beberapa jenis lainnya.

    Kami telah berhasil dalam hal budidaya dan menjalin pangsa pasar di daerah sukabumi, bandung dan jakarta. Ternyata permintaan pasar terhadap ubi jalar sangatlah besar.

    Bagi anda yang berminat dan mau meninjau kebun budidaya ubi jalar dan bagi anda yang membutuhkan bibit dari jenis ubi jalar tersebut, anda bisa menghubungi kami,

    Dengan keseriusan dalam berusaha tani, kesuksesan akan menanti anda…. selamat bagi para penggemar pertanian.

    Ubi jalar memiliki prospek untuk ketahanan pangan dan bahan pangan masa depan… selamat mencoba.

    Reply
    • 17. Lesmana  |  May 21, 2010 at 2:24 pm

      kalau boleh saya minta alamat kontak bapa,kebetulan kita lagi cari ubi samarinda dan ubi ceret yang dalamnya orange cukup banyak terima kasih pa Sidik

      Reply
    • 18. Drs. H. Utang Sumpena  |  June 23, 2010 at 8:01 pm

      kepada Ir. Sidik D.R
      mohon resep untuk tanaman ubi jalar karena saya sangat berminat dan jenis tanaman yang di perkirakan unggul di wilayah kabupaten lebak banten ( Kec Cipanas Perbatasan kab. Bogor )
      Kiranya dapat mengirimkan resep tersebut ke alamat email saya “yusuf.albanteny@yahoo.com” terima kasih

      Reply
    • 19. bowo  |  February 9, 2011 at 7:52 pm

      Yth,Pak Sidik, saya tertarik utk ke kebun Bapak, krn tdk tau Hp Bapak, ini Hp saya 0813-8599-2736

      terimakasih

      Reply
    • 20. RayonSoleil  |  April 27, 2011 at 6:04 pm

      Saya tertarik untuk mendapatkan bibit ubi ungu, apakah anda punya ? Mohon info ke email saya dewi0123@yahoo.fr

      Terima kasih.

      Reply
    • 21. yusuf  |  June 1, 2011 at 4:06 pm

      Pro. Ir. Sidik D.R: daerah sukabumi alamat lengkapnya mana yah? Trims

      Reply
    • 22. testimonita  |  November 3, 2011 at 4:23 pm

      lokasi di daerah mana pak?
      info via email ya .. yunita_anggasari@yahoo.com

      Reply
  • 23. YURI PRASETYO  |  April 11, 2010 at 7:03 pm

    SAYA MEMBUTUHKAN UBI JALAR WARNA KULIT COKLAT , DAGING ISINYA ORANGE, UNTUK TEMAN-TEMAN SEMUA , APABILA ADA YANG MENANAM UBI SESUAI SPEK TERSEBUT, SILAHKAN MENGHUBUNGI SAYA, DI NOMER : 08122712518, SAYA MEMBUTUHKAN BIBIT ATAU UBI JALARNYA UNTUK SAYA BELI, SAYA TUNGGU YA …..TERIMA KASIH.

    Reply
  • 24. YURI PRASETYO  |  April 11, 2010 at 7:04 pm

    SAYA MEMBUTUHKAN UBI JALAR WARNA KULIT COKLAT , DAGING ISINYA WARNA ORANGE, UNTUK TEMAN-TEMAN SEMUA , APABILA ADA YANG MENANAM UBI SESUAI SPEK TERSEBUT, SILAHKAN MENGHUBUNGI SAYA, DI NOMER : 08122712518, SAYA MEMBUTUHKAN BIBIT ATAU UBI JALARNYA UNTUK SAYA BELI, SAYA TUNGGU YA …..TERIMA KASIH.

    Reply
  • 25. Pitty  |  August 4, 2010 at 4:39 pm

    Dimana saya bisa mendapatkan alamat rekan yang telah berhasil membudidayakan ubi jalar, terutama ubi jalar ungu. Terimakasih

    Reply
  • 26. H. Sulaeman HB, SE  |  December 10, 2010 at 4:55 pm

    Mohon info.kami ingin menanam ubi jalar di dataran rendah tepatnya di Desa Kasugengan Kidul, Kec. Depok Kab. Cirebon. Mohon bibit jenis apa yang cocok.yang kami inginkan ubi isinya putih yang digunakan untuk bahan baku sauce sambal.karena kami dapat order perhari 6 ton.Harap hubungi saya di 082127274343, 087828394884, 085864532424.tims infonya

    Reply
  • 27. Saung Tani  |  February 23, 2011 at 9:15 am

    Kalau saya problemnya mungkin sama dengan teman-teman yg lain saya sedang mencari bibit ubi jalar terutama yang ungu. Apa varietasnya dan kalau ada berapa harganya serta di mana kami bisa memperolehnya? Trimakasih sebelumnya.

    Reply
  • 28. saleh iranto  |  April 6, 2011 at 11:40 am

    ass.wr.wb
    sy tertarik dgn info dari bpk Ir. sidik, mohon alamt lengkap kbun budidayanya, trima kasih

    Reply
  • 29. rosysalva  |  June 8, 2011 at 2:23 pm

    saya pernah tahu di daerah pujon malang, gunung kawi, atau sekitar daerah kepanjen kab. malang, anda bisa mendapatkan bibit ubi jalar ungu dan kuning,,bahkan ubi ini sangat populer disana..saya juga telah mencoba menanamnya dengan menaruh beberapa ubi di tempat yg gelap..sekitar seminggu akan muncul tunas2 baru, kalau sudah cukup panjang bisa dipotong beserta ubinya sedikit, tanam pada tanah campuran sekam dan pupuk kandang, saya siram 2hari sekali dan berhasil tumbuh subur hingga sekarang,,..

    Reply
  • 30. cholish  |  October 29, 2011 at 8:59 am

    saya berminat, bisakah saya minta nomer kontak anda??
    nur Kholish jember

    Reply
  • 31. riswan  |  December 24, 2011 at 11:48 pm

    bibitnya bersertifikat gak mas ? saya tertarik tuh. barang kali kita bisa bermitra. mas bisa hub saya di 085715910739.

    Reply
  • 32. Rasmin Saleh  |  January 15, 2012 at 8:06 am

    Tegasnya di mana alamat anda gan, kami pengentuh jadi juragan ubi ungu tuh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pilih bahasa

Categories

status

kaskusradio.com

KasKusRadio - Indonesian Radio

rank

Alexa Certified Traffic Ranking for ayobertani.wordpress.com
April 2009
M T W T F S S
    May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: