Jeruk Berbuah Pepaya (jerpaya)

April 16, 2009 at 12:45 pm 1 comment

6-3-2009-utama0603ndr1PERISTIWA ini mirip judul lagu almarhum Broery Marantika Semangka Berdaun Sirih. Di Gandus ada pohon jeruk berbuah pepaya.

Tak pelak lagi hal langka itu mengundang warga untuk menyaksikan langsung. Seperti yang terlihat, Kamis (5/3) siang.

Halaman rumah Bripka Husen S di kawasan Jl Griya Asri Blok K RT 10 RW 04 Pulokerto Gandus padat oleh warga sekitar. Jeruk berbuah pepaya atau Jerpaya, demikian penduduk sekitar mengistilahkannya. Bentuk buahnya memang mirip pepaya. Yakni, lonjong dan berwarna hijau saat masih mengkal. Saat matang buahnya berubah menjadi kuning.

Berdasarkan pengamatan Sripo, bentuk buahnya yang tidak seperti buah jeruk kebanyakan inilah yang dianggap aneh oleh penduduk sekitar. Ukurannya pun sebesar buah pepaya lokal, panjang 25 cm dan berdiameter 10 cm.

Sementara batangnya terlihat kecil. Berdiameter 5 cm dengan tinggi sekitar 3 meter lebih. Daun pohon ini seperti jeruk kebanyakan dan dilengkapi dengan duri-

duri yang tidak terlalu tajam di sekitar ruas-ruas batang. Sementara warna kulit jeruk hijau segar. Tekstur kulitnya berkerut. Kulitnya tebal mirip jeruk Bali.

Menurut Kusen, jerpaya ini ditanam oleh istrinya, RS Mulyana pada awal tahun 2006 lalu. Saat pohon ini baru belajar berbuah, tidak ada keanehan. Saat itu buahnya kecil-kecil dan ukurannya seperti buah jeruk pada normalnya. Tetapi saat berbuah kedua kalinya, baru terlihat aneh. Buah jeruk itu tumbuh besar dan berbentuk pepaya.

“Istri saya membeli bibit pohon jeruk di kawasan Pasar Kuto,”kata Husen.

Penasaran akan isinya, tetangga mereka, Ujud, kemudian memetik dan membelah buah jeruk itu. Tampaklah isi jeruk itu seperti buah pepaya mengkal, Dagingnya berwarna putih dan tebal. Tetapi, di tengahnya tampak serat dan biji jeruk.

“Keanehannya di sini,” kata Husen yang mengaku tidak pernah bermimpi atau mengalami hal yang aneh-aneh.

Bukan Luar Biasa

Meski dianggap langka namun beberapa warga menganggap keanehan itu bukan hal luar biasa. Sebab jeruk berbuah pepaya itu memang ada jenisnya dan beberapa warga memilikinya. Seperti diungkapkan Ansori (34), penyuka tanaman hias dan unik yang tinggal di kawasan Sako Kenten.

“Itu tanaman hias tetapi buahnya enak kalau dibuat manisan,” kata Anshori.

Data lain juga menyebutkan bahwa jenis jeruk termasuk tanaman langka dan sulit didapat. Namun tanaman itu mudah ditanam asal sesuai dengan unsur tanah dan cuaca di sekitarnya.

Dari situs mesin pencari informasi http://www.google.co.id di laman elshovie.blog.friendster.com, dibahas keberadaan tanaman unik ini.

Disebutkan, kadang-kadang tanaman ini kerap disalahartikan sebagai perkawinan antara jeruk dan pepaya. Tetapi sebenarnya memang jenis tanaman holtikultura. Bentuknya memang mirip dengan pepaya. Sehingga orang-orang menyebutnya jerpaya akronim jeruk dan pepaya.

Sebenarnya tanaman ini merupakan jeruk asli, bukan pepaya ataupun perkawinan antara keduanya. Rasa buah itu bila dimakan sepet dan asam. Jerpaya lebih cocok sebagai tanaman hias dan tanaman obat.

sumber sriwijaya post

About these ads

Entry filed under: agrobisnis. Tags: .

budidaya ubi jalar Melon Kotak Buatan Indonesia

1 Comment Add your own

  • 1. Bambang Budiantono  |  November 7, 2009 at 11:06 am

    kalau beli bibitnya dimana & berapa harganya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pilih bahasa

Categories

status

kaskusradio.com

KasKusRadio - Indonesian Radio

rank

Alexa Certified Traffic Ranking for ayobertani.wordpress.com
April 2009
M T W T F S S
    May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: