manfaat bekatul untuk kesehatan

April 24, 2009 at 8:52 am 6 comments

bekatulSehat dengan Mengonsumsi Bekatul
BEKATUL sebagai hasil samping penggilingan padi diperoleh dari lapisan luar karyopsis beras. Meskipun bekatul tersedia melimpah di Indonesia, pemanfaatannya untuk konsumsi manusia masih terbatas. Hingga saat ini, pemanfaatannya terbatas sebagai pakan. Padahal, nilai gizi bekatul sangat baik, kaya akan vitamin B, vitamin E, asam lemak esensial, serat pangan, protein, oryzanol, dan asam ferulat.

Senyawa fitokimia pada bekatul (phytos = tanaman, chemicals = zat kimia) menjadi topik penelitian penting karena dapat memberikan fungsi-fungsi fisiologis dalam pencegahan penyakit degeneratif. Komposisi fitokimia bekatul sangat bervariasi, bergantung pada faktor agronomis, varietas padi, dan proses penggilingannya (derajat sosoh).

Fraksi tak tersabunkan dari minyak bekatul terdapat sampai 5 persen dari berat minyak, dengan kandungan utamanya sterol. Sterol yang terdapat dalam jumlah banyak adalah b-sitosterol yang jumlahnya 50 persen dari total sterol.

Komponen penting lainnya adalah senyawa tokol (tokotrienol dan tokoferol). Tokoferol adalah vitamin E yang bersifat antioksidan yang kuat sehingga penting dalam menjaga kesehatan manusia. Kandungan lainnya yang juga memberikan pengaruh kesehatan sangat menguntungkan adalah oryzanol dan asam ferulat (ferulic acid).

Penggunaan bekatul sebagai makanan terbatas karena sifatnya mudah rusak karena aktivitas hidrolitik dan oksidatif dari enzim lipase yang secara alamiah (endogenous) terdapat pada minyak bekatul atau oleh mikroba. Untuk memperoleh bekatul awet bersifat food grade dengan mutu yang tinggi, seluruh komponen penyebab kerusakan harus dikeluarkan atau dihambat, dan pada saat bersamaan kandungan komponen berharga (nutritional) harus tetap dijaga.

Dari beberapa metode stabilitas yang telah dilakukan, metode dan perlakuan pemanasan dengan tekanan tinggi dan kadar air, tetap dapat dianggap cara terbaik. Metode ini berdasarkan pemanfaatan kadar air bekatul sebagai perantara (heat transfer), denaturasi enzim, dan sterilisasi. Dua metode yang tergolong proses ini adalah drum berputar dan ekstrusi pindah panas. Keuntungan proses ini tidak membutuhkan aliran uap air dari luar, peralatannya relatif kecil, dan mudah instalasi juga operasinya. Dengan demikian, unit dapat digabungkan dengan unit penggilingan beras dengan sedikit modifikasi.

Manfaat Kesehatan

Bekatul memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan ditambah komponen bioaktif oryzanol, tokoferol, dan asam ferulat, menjadikan bekatul sebagai bahan baku yang berpotensi untuk dijadikan pangan fungsional.

Efek hipoklesterolemik bekatul dan beberapa fraksinya (neutral detergent fiber, hemiselulosa, minyak bekatul padi, dan bahan tak tersabunkan) telah banyak diobservasi, baik pada hewan percobaan maupun manusia. Minyak bekatul padi menurunkan secara nyata kadar kolesterol darah, LDL kolesterol, VLDL kolesterol, dan dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol darah. Kemampuan minyak bekatul padi menurunkan kadar kolesterol dikarenakan adanya oryzanol dan kemampuan lainnya dari bahan yang tidak tersabunkan. Di samping mempunyai efek dapat menurunkan kadar kolesterol darah, penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam ferulat juga mempunyai peranan dalam menurunkan tekanan darah dan glukosa darah baik pada uji hewan maupun uji manusia.

Selama ini bekatul padi sebagai hasil samping penggilingan padi bersifat limbah dan dimanfaatkan sebagai pakan dengan nilai ekonomi rendah. Sebenarnya bekatul padi dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan maupun industri farmasi.

Pangan fungsional didefinisikan sebagai makanan yang berdasarkan pengetahuan tentang hubungan antara makanan dan komponen makanan juga kesehatan yang diharapkan mempunyai manfaat kesehatan tertentu (Broek, 1993).

Karena merupakan makanan, maka pangan fungsional menurut ilmuwan Jepang mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu sensory (warna dan penampilan menarik, citarasanya enak), kemudian nutritional (bernilai gizi tinggi), dan physiological (memberikan pengaruh fisiologis yang menguntungkan bagi tubuh). Beberapa fungsi fisiologis yang diharapkan dari pangan fungsional adalah pencegahan timbulnya penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, regulasi kondisi ritmik tubuh, memperlambat proses penuaan, dan penyehatan kembali (recovery).

Dengan demikian, meskipun mengandung senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan, pangan fungsional bukan kapsul, tablet atau bubuk yang berasal dari senyawa alami. Oleh karena itu pangan fungsional seharusnya dikonsumsi sebagaimana layaknya makanan sehari-hari, bentuknya dapat makanan maupun minuman.

Untuk pangan, bekatul dapat dicampur dengan bahan lain pada pembuatan biskuit, kue, dan lain-lain. Penggunaan bekatul secara komersial di luar negeri baru pengekstrakan bekatul untuk minyak goreng.

Pemanfaatan bekatul yang telah diawetkan sebagai makanan sarapan sereal, dengan perbandingan (dalam persen) tepung beras : bekatul dari 90:10 sampai dengan 30:70. Substitusi bekatul padi 15 persen pada tepung terigu dilaporkan memberikan hasil yang optimal terhadap penerimaan cookies dan roti manis. Substitusi ini meningkatkan kandungan serat pangan (hemiselulosa, selulosa, dan lignin) dan niasin pada produk (Muchtadi et al, 1995).

Dari uraian di atas terlihat bahwa bekatul padi mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai pangan fungsional. Potensi ini berkorelasi positif dengan padi/beras sebagai konsumsi utama masyarakat Indonesia. Pemanfaatan limbah penggilingan padi dapat diolah menjadi bekatul awet, dan kemudian diolah lanjut sebagai pangan fungsional.

sumber http://www.gizi.net

About these ads

Entry filed under: tips kesehatan. Tags: .

kerupuk ikan sebagai peluang usaha baru TEKNOLOGI PRODUKSI BENIH KACANG HIJAU

6 Comments Add your own

  • 1. Afridal Darmi  |  April 29, 2009 at 12:52 pm

    Please help…

    Saya ingin mulai mengkonsumsi bekatul untuk sendiri. Di dekat rumah saya ada penggilingan padi sehingga sumber bahan harusnya tidak akan jadi masalah, tapi bagaimana caranya memisahkan bekatul dari dedak halus? Apakah benar seperti di artikel kompas “Badan Fit dengan Bekatul” yang mengatakan cukup dengan diayak dengan ayakan halus?

    Terima kasih banyak, jawabannya sangat saya tunggu.

    Reply
    • 2. genduters  |  April 29, 2009 at 3:07 pm

      betul sekali mas hanya dengan di ayak dengan saringan halus bekatul sudah dapat di konsumsi
      tetapi ingat bekatul dengan dedak berbeda, bekatuk memiliki kontur yang lebih halus dari pada dedak
      yang membedakan bekatul dengan dedak hanyalah kontur dengan kandungan menir(beras kecil-kecil)

      selamat mencoba
      regard

      Reply
    • 3. Martin  |  March 5, 2011 at 2:29 pm

      Pak Afridal,

      Sy juga berencana untuk memproses bekatul. Sekarang ini sy sedang mencari tempat2 penggilingan padi. Boleh bpk share dimana tempat tinggal bpk? Bpk bs reply sy via email di martin_wijaya88@yahoo.com atau telp 0812 8334 8050 / 021 9940 8797. Jika di-ijinkan, boleh dicantumkan no telp bpk biar sy yang menelepon bpk. Terima kasih..:)

      Regards,
      Martin

      Reply
  • 4. Eka novitri (vivit)  |  June 16, 2010 at 8:04 pm

    anda butuh bekatul? hubungi kami http://www.balesehat.com /facebook balesehat

    Reply
  • 5. husni  |  April 7, 2011 at 10:40 am

    kbtulan sdra ada yang punya pbrik penggilingan padi ,niat ny si mu coba manpaatn tu limbah pngglagn padi nya,tapi msh bngung gmana ngebedain bekatul sama dedak,kalo secra wrna,aroma,fisik dll, gmn cra ngbedain ny y?trus kalo spy enak di knsmsi mnusia bsa di gmnain aj y cra ny ?thnk be4

    Reply
    • 6. Martin  |  August 16, 2012 at 12:57 pm

      Pak Husni, bekatul dengan dedak itu sama :D. Lalu supaya enak dikonsumsi manusia, harus distabilisasi. Setelah distabilisasi, bs menjadi minyak goreng, suplemen, atau kosmetik. Boleh tau saudara yang punya pabrik penggilingan padi itu dimana? Saya dengan seorang teman ada rencana untuk mengajak kerjasama lembaga penggilingan padi. Jika boleh di-info no hp Pak husni ke martin_wijaya88@yahoo.com. Thanx..:)

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pilih bahasa

Categories

status

kaskusradio.com

KasKusRadio - Indonesian Radio

rank

Alexa Certified Traffic Ranking for ayobertani.wordpress.com
April 2009
M T W T F S S
    May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: