Buadidaya Durian Montong

April 30, 2009 at 3:26 pm 73 comments

durian_monthongDURIAN MONTHONG
Family Bombacaceae

Deskripsi

Durian ini berasal dari Thailand. Tanaman Durian monthong merupakan tanaman genjah. Mampu berproduksi pada umur 4-5 tahun sejak ditanam dengan bibit asal sambung pucuk. Produksi buahnya cukup banyak. Mampu beradaptasi pada berbagai tempat. Sayangnya, tanaman ini tidak mempunyai ketahanan terhadap penyakit Phytophthora .sp. Bentuk buah bervariasi, dari bulat panjang sampai hampir persegi. Durinya besar dan tersusun jarang. Bobot buahnya mampu mencapai 6 kg. Kulitnya tebal dengan warna hij au. juringnya ada 5. Warna daging buah ada yang kuning emas, ada pula yang krem. Dagingnya sangat tebal dengan rasa manis legit dan aroma harum sedang.

Manfaat

Buah durian matang, atau tepatnya arilusnya, yang merupakan bagian yang dapat dimakan, umumnya dikonsumsi dalam keadaan segar. Di pasar, buah durian ini mengiklankan diri melalui baunya yang keras dan khas. Buah durian sangat disukai orang, sehingga panen padi di Indonesia akan terbengkalai jika bertepatan dengan panen buah durian, dan sampai puncak masa panen durian orang-orang masih bernafsu besar untuk memakannya. Buah durian diawetkan dengan cara mengeringkan daging buahnya menjadi kue durian, atau diolah menjadi dodol; dapat pula difermentasi atau dijadikan asinan. Kini arilus durian juga diciutkan dan dibungkus, lalu dibekukan untuk memperpanjang penyediaan durian; dengan cara ini buah durian dapat diterima di pasaran ekspor. Rasa durian lebih disenangi di dalam es krim dan kue-kue. Biji durian yang direbus atau dibakar dimakan sebagai makanan kecil. Pucuk muda dan buahnya yang masih muda dapat dimasak untuk lalap. Kulit buah yang dikeringkan digunakan sebagai bahan bakar, terutama untuk mengasapi ikan. Beberapa bagian pohon durian dimanfaatkan sebagai obat; buah durian dianggap dapat menyembuhkan kesehatan orang atau hewan yang sakit. Menurut kepercayaan yang umum dianut, orang yang memakan durian dibarengi dengan minuman beralkohol dapat menyebabkan sakit atau bahkan mematikan. Kayunya yang kasar dan ringan tidak tahan lama, tetapi dapat digunakan untuk konstruksi dalam rumah clan perkakas rumah yang murahan.

Syarat Tumbuh

Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Namun, produksi terbaiknya dicapai jika penanaman dilakukan pada ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut. Tanaman ini menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 m.

Pedoman Budidaya

Di Indonesia, sebagian besar durian masih ditumbuhkan dari benih, walaupun beberapa cara perbanyakan klon telah dipraktekkan pula. Di Filipina, perbanyakan dengan benih telah diganti dengan penyambungan sanding (inarching) dan penyambungan celah (cleft grafting). Di Thailand, pembibitan-pembibitan menghasilkan sejumlah besar 1’pohon durian melalui dua cara. Penyusuan secara tradisional mungkin merupakan penyambungan sanding yang cukup sederhana dan sangat tinggi persentase keberhasilannya; caranya ‘ialah batang bawah yang dipelihara dalam kantung dibuntungi dan disisipkan ke cabang kecil pada tanaman induknya. Cara lainnya ialah penyambungan hipokotil, menggunakan semai dalam pot, berumur 5-6 minggu, yang disambung-celah dengan batang atas-mini yang dipotong dari pucuk lateral yang tipis saja. Perlakuan fungisida, terowongan plastik, dan naungan berat sangat diperlukan untuk melindungi jaringan yang masih rapuh. Lima orang pekerja yang berpengalaman dapat mengerjakan 300 sambungan, dikerjakan dari pukul 8 malam sampai tengah malam ; menghindari panasnya siang hari konon merupakan faktor penting alam mencapai tingkat keberhasilan di atas 90176. Benih durian kv. ‘Chanee’ biasa digunakan di Thailand untuk meningkatkan penyediaan batang bawah. Anakan durian dapat ditanam di lapangan seteiah berumur 1 tahun, dengan jarak tanam 8-16 m. Pada tahun pertama diperlukan naungan. Pada jarak tanam yang lebih rapat, mungkin kebun durian itu perlu penjarangan setelah 8-1

Pemeliharaan

Gulma dibabat dan dibiarkan sebagai mulsa, tetapi lahan di bawah kanopi pohon diusahakan bebas dari gulma. Penyedotan hara sampai saat panen berjumlah 2,4 kg N, 0,4 kg P, 4,2 kg K, 0,3 kg Ca, dan 0,5 kg Mg per ton buah, tetapi penyedotan hara total belum pernah diteliti. Praktek di Thailand ialah memberikan pupuk majemuk dekat dengan garis-tetes segera setelah muncul kuncup bunga, ditunjang dengan pemberian pupuk di atas tanah jika telah ada pembentukan buah yang lebat; pemberian pupuk lainnya dilakukan setelah panen. Jika tersedia pupuk kandang, dapat menggantikan pemberian pupuk yang terakhir.

Hama dan Penyakit

Penyakit busuk akar, penyakit busuk pangkal batang, atau kanker-bintik (patch canker), yang disebabkan oleh Phytophthora palmivora, merupakan pembunuh yang ditakuti. Jamur ini hidup di dalam tanah dan memperlemah pohon dengan cara menginfeksi akar. Infeksi bagian di atas permukaan tanah juga terjadi, barangkali terutama disebabkan oleh cipratan partikel-partikel tanah. Pohon durian akan mati jika infeksi pada pangkal batang lama-lama melukai keliling batang pohon itu. Untuk memberantas penyakit ini, pangkal batang diusahakan bebas dari tunas-tunas lateral setinggi 1 m atau lebih, lahan sekitar pohon agar bebas dari gulma, dan pengairan hendaknya tidak membasahi pangkal batang atau tanah yang dekat situ, juga air penyiraman dari satu pohon tidak membasahi pohon lain. Semacam pasta fungisida (sistemik) dicatkan pada pangkal batang durian, dan pohonnya hendaknya seringkali diperiksa, bagian yang terinfeksi agar dipotong dan bekas lukanya dibersihkan. Penyakit-penyakit lain, seperti bintik daun yang disebabkan oleh Colletotrichum spp., Homortegia durionir dan Phyllorticta durionir, dan busuk buah (Rhizopus sp.), tidak begitu berarti. Berbagai hama telah diamati menyerang durian, tetapi kerusakannya tampaknya hanya kadang-kadang. Suatu ulat pengebor buah, Hypoperigea (Plagideicta) lepro.rtricta, memakan biji durian, dan tampaknya lebih sering terjadi. Mamalia, seperti tikus, babi hutan, dan beruang, senang sekali memakan buah durian, dan buahbuah yang berjatuhan harus dikumpulkan setiap pagi agar mengurangi kerugian.

Panen dan Pasca Panen

Panen Pohon durian tumbuh sangat tinggi, dan karena sulit menerka matangnya buah, praktek yang umum dilakukan ialah menunggu sampai buah itu berjatuhan. Pemanenan secara selektif itu perlu, dan pemetik yang berpengalaman menggunakan berbagai kriteria untuk menaksir kematangan buah durian. Diawali dari jumlah hari yang telah dilewati sejak bunga mekar, mereka juga mungkin memperhatikan warna, elastisitas dan letaknya duri, intensitas bau yang keluar dari buah, suara yang terdengar jika jari-jari dijentikkan pada alur-alur di antara duri, perubahan pada tangkai buah, dan uji-apung di air. Penanganan pasca panen Berkat kulitnya yang kuat, pengangkutan buah durian dipermudah, tetapi adanya duri-duri itu menyulitkan penanganannya; buah ini perlu dipegang tangkainya. Buah yang telah pecah sewaktu jatuh ke tanah, cepat sekali rusak, arilusnya menjadi tengik dalam waktu 36 jam saja. Buah yang masih bertangkai, yang dipungut dari bawah pohonnya masih dapat dimakan setelah 2-3 hari, tetapi jika daya tahan buah yang telah dipungut itu dapat diperpanjang sekitar 1 minggu lagi, hal ini akan merupakan keuntungan yang besar. Buah durian harus segera diangkut ke pasar, diwadahi karung, keranjang bambu atau ditumpuk saja dalam bak truk. Ruang pendingin bersuhu 15° C dapat memperpanjang daya tahan, buah durian selama 3 minggu, dan daging buah yang dibekukan secara cepat akan dapat mempertahankan rasanya selama 3 bulan atau lebih:

sumber http://www.iptek.net.id

About these ads

Entry filed under: agrobisnis. Tags: .

Budidaya Kentang Menanam Sawi

73 Comments Add your own

  • 1. nar  |  July 10, 2009 at 3:13 pm

    saya mau tanya bisa ngak durian montong di budidayakan didataran rendah kayak jember jawa timur

    Reply
    • 2. genduters  |  July 12, 2009 at 5:17 pm

      durian bisa hidup tapi pertumbuhan sangat lambat
      bahkan kemungkinan sulit berbuah

      tapi tandanya gampang kalo rambutan ama kelengkeng berbuah
      duren pasti berbuah juga

      Reply
      • 3. Darsono  |  June 29, 2010 at 1:33 am

        durian montong bisa tumbuh bagus tdk di daerah ketinggian 10-20M

  • 4. Sandi  |  August 26, 2009 at 8:38 am

    bisa nggak durian montong ditanam di daerah kaki gunung semeru, dan beli bibit unggul dengan masa panen sekitar 5 tahun dimana di daerah Malang dan harganya berapa, cara perawatannya gimana? terima kasih.

    Reply
    • 5. niko  |  April 20, 2011 at 1:48 pm

      bisa..saya dimalang ada beberapa jenis bibit durian mulai dari,montong,bangkok dll.hub niko_pratama10@yahoo.co.id

      Reply
    • 6. jarkoni  |  November 27, 2011 at 8:37 pm

      ane ada untuk anda silahkan hub. ane di no.081315109947 kota jember barat.

      Reply
      • 7. jarkoni  |  November 27, 2011 at 8:40 pm

        ane ade bukti buat referensi you orang mau tanem bibit durian kualitas super montong…..

  • 8. Ahdijana  |  October 6, 2009 at 1:47 pm

    Saya mempunyai 2 pohon durian (5 -6 th) tumbuh di Kec. Tomo Kab. sumedang. Sp saat ini belum gerbunga. kira2 sp usia berapa bisa berbunganya?

    Reply
  • 9. Ahdijana  |  October 6, 2009 at 1:53 pm

    Saya mempunyai 2 pohon durian (5 – 6 th) yg tumbuh di Kec. Tomo Kab. Sumedang Prov. JABAR, sp saat ini belum berbunga. Bisakah durian tersebut berbunga ?

    Reply
  • 10. farulis  |  October 15, 2009 at 3:30 pm

    Saya mencari bibit durian montong yang betul2 bisa berbuah setelah umur 4 – 5 tahun seperti diutarakan diatas.

    Untuk sekitar daerah sawangan, bogor, dan sekitarnya, dimana saya bisa dapatkan bibit tersebut?.. Mohon apabila ada informasi nomor telp yang bisa dihubungi. Terima kasih.

    Reply
    • 11. hasan  |  April 7, 2010 at 1:04 pm

      bs hub kami di 085878620216 ready stok bibit durian montong,klengkeng pimpong dll

      Reply
  • 12. imam  |  October 26, 2009 at 1:57 pm

    boleh minta, tata cara perawatan duren monthong secara detai,

    Reply
    • 13. winarno  |  April 10, 2010 at 3:39 pm

      saya sebagai pemula, bleh minta tatacara perawatan duren monthoeng lebih lngkap, tlng kirimkan ke email saya : hwinarno@gmail.com

      Reply
    • 14. winarno  |  April 10, 2010 at 3:43 pm

      saya tertarik utk menanam bauh duren montong, bagaimana cara penanaman dan panduan lengkap, tlng kirimkan ke email saya : hwinarno@gmail.com

      Reply
  • 15. imam  |  October 26, 2009 at 2:00 pm

    saya sebagai pemula, bleh minta tatacara perawatan duren monthoeng lebih lngkap, tlng kirimkan ke email saya “aaduenyahoo.co.id,

    Reply
  • 16. wignjo  |  November 26, 2009 at 10:14 pm

    saya udah tanam 4 thn yl, sekaranga pohonnya udah tinggi dan daunnya lebat, ttp belum juga berbuah, gmn ya supaya bisa berbuah, saya ada 50 phn, ketinggian lokasi 800dpl

    Reply
    • 17. hasan  |  April 7, 2010 at 1:07 pm

      sabar aja i allah anda akan jd jutawan 5thn lg,asal pohon kene sinar matahari aja.perawatan diperhatikan

      Reply
    • 18. akudansekitarku  |  May 11, 2012 at 10:04 pm

      Salam hangat Bpk.Wignjo
      Kita dari PT. ACI INT’L adalah perusahaan pupuk cair organik (herbal). Nama produk kita adalah Pupuk Super ACI.
      Untuk meningkatkan hasil produksi segala jenis tanaman pertanian, gunakanlah pupuk super aci.
      Keunggulan Pupuk Super ACI :
      1. Tidak memiliki tanggal kadarluarsa, sehingga dapat menghemat biaya produksi.
      2. Dijamin adanya peningkatan produksi setelah pemakaian jika dibandingkan dengan yang tidak memakai pupuk super Aci dan perusahaan kami memberikan pengembalian 150% jika tidak ada peningkatan.

      Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website kami ; http://www.aci-indonesia.co.id
      atau
      email : ayu_beatrice@yahoo.com
      HP : 0853.8263.3042

      _TERIMA KASIH_

      Reply
  • 19. sigit  |  December 9, 2009 at 10:45 pm

    bagai mana menjaga biar hasil buahny sempurna.. rasany manis,lembut..
    soalnya d kebun saya hasil durian montong nya tidak manis dan keras..
    selain it ada hama ulat di dlm buah..
    bagai mana cara penanggulangannya?
    terima kasih

    Reply
  • 20. yayan  |  December 11, 2009 at 8:57 pm

    dimana tempat memebeli bibit durisn montong?

    Reply
    • 21. hasan  |  April 7, 2010 at 1:09 pm

      085878620216 ready stok bbt durian montong klengkeng pimpong,dll

      Reply
      • 22. HAKAM  |  February 9, 2011 at 5:51 pm

        BESAR MANA KEUNTUNGAN BUDIDAYA DRN. MONTONG DIBANDING MENANAM PADI

  • 23. daniel  |  January 18, 2010 at 11:39 am

    apakah durian montong cocok di tanam di lereng merapi klaten. dimana saya bisa mendapatkan benih? berapa harga benihnya?

    Reply
  • 24. Enceng  |  January 21, 2010 at 2:14 pm

    boleh minta, tata cara perawatan duren monthong secara detai,

    Reply
  • 25. Haris  |  February 24, 2010 at 10:39 pm

    Mhon sgra d jwb prtanyaanq,
    apakah bs durian montong d tanam d lereng dkat pnggir empang?

    Reply
  • 26. sukri  |  February 26, 2010 at 10:16 am

    dimana ada jual bibit durian montong thailand di sumatera utara

    Reply
  • 27. solvapotter  |  March 16, 2010 at 9:38 pm

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya durian montong yang benar, hanya dengan harga 50 ribu.
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya
    langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya setebal 255 halaman (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    Reply
    • 28. rony  |  April 23, 2010 at 3:55 am

      Aku mo blajar budi daya durian montong,tanahku kalo musim hujan di keduk/di cangkul 1/2 meter saja sdah berair,trus ber grasak.lokasiku di Srengat,Blitar.Bersyaratkah untuk durian montong? klenkeng?

      Reply
    • 29. Djamdjani  |  November 4, 2010 at 1:19 pm

      Saya berminat CD dan buku panduannya cara budidaya duren monthong, apakah masih ada dan bagaimana caranya ? terima kasih.

      Reply
  • 30. toto  |  April 20, 2010 at 9:35 am

    sya p y phon durian montong asli thailand entres y di tanam d belakang rumah usia 3 tahun phon y gemuk, ranting yg enak d pandang krna besar2 ada skitar 18 phon tpi sya berharap 4-5 tahun berbuah

    Reply
  • 31. hamka  |  May 21, 2010 at 7:57 pm

    apa durian montong bisa ditanam dikalimatan timur khususnya di kalimatan timur

    Reply
  • 32. andri  |  June 18, 2010 at 1:06 pm

    Salam brotherhood!
    Bos sy mau tanya biar pohon durian buahnya banyak obatnya apa? mohon respon.trims

    Reply
    • 33. akudansekitarku  |  May 11, 2012 at 10:11 pm

      Salam hangat Bpk.Andri
      Kita dari PT. Anugrah Cemerlang Indonesia adalah perusahaan pupuk cair organik (herbal). Nama produk kita adalah PUPUK SUPER ACI.
      Untuk meningkatkan hasil produksi segala jenis tanaman pertanian, gunakanlah pupuk super aci.
      Keunggulan Pupuk Super ACI :
      1. Tidak memiliki tanggal kadarluarsa, sehingga dapat menghemat biaya produksi.
      2. Dijamin adanya peningkatan hasil produksi setelah pemakaian jika dibandingkan dengan yang tidak memakai pupuk super Aci dan perusahaan kami memberikan JAMINAN pengembalian 150% jika tidak ada peningkatan.

      Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website kami ; http://www.aci-indonesia.co.id
      atau
      email : ayu_beatrice@yahoo.com
      HP : 0853.8263.3042

      _TERIMA KASIH_

      Reply
  • 34. juandana  |  June 21, 2010 at 1:42 pm

    saya punya tiga pohon duren umurnya sudah sepuluh tahun kenapa sampe saat ini belum juga ada tanda 2 berbunga atau berbuah mohon di jelaskan biar bisa berbuah yang bagus trim.

    Reply
    • 35. akudansekitarku  |  May 11, 2012 at 10:13 pm

      Salam hangat BpK/ibu….
      Kita dari PT. Anugrah Cemerlang Indonesia adalah perusahaan pupuk cair organik (herbal). Nama produk kita adalah PUPUK SUPER ACI.
      Untuk meningkatkan hasil produksi segala jenis tanaman pertanian, gunakanlah pupuk super aci.
      Keunggulan Pupuk Super ACI :
      1. Tidak memiliki tanggal kadarluarsa, sehingga dapat menghemat biaya produksi.
      2. Dijamin adanya peningkatan hasil produksi setelah pemakaian jika dibandingkan dengan yang tidak memakai pupuk super Aci dan perusahaan kami memberikan JAMINAN pengembalian 150% jika tidak ada peningkatan.

      Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website kami ; http://www.aci-indonesia.co.id
      atau
      email : ayu_beatrice@yahoo.com
      HP : 0853.8263.3042

      _TERIMA KASIH_

      Reply
  • 36. nardi  |  June 24, 2010 at 12:15 pm

    bagamana caranya mendapatkan hasil durian yang memuaskan , lankah-langkah apa saja yang perlu dan bagamana kita bis menjadi kaya dengan haasil durian.

    Reply
  • 37. Darsono  |  June 29, 2010 at 1:35 am

    durian montong bisa tumbuhdan berbuah tdk pada ketinggian 10-20Mdpl

    Reply
  • 38. Darsono  |  June 29, 2010 at 4:13 am

    Apakah durian monthong bisa tumbuh dan berbuah pada lahan dengan ketinggian 10-20 m dpl?

    Reply
  • 39. Yan Yan  |  July 24, 2010 at 3:28 pm

    bagaimana cara memelihara pohon durian supaya tumbuh dengan baik dan berbuah dengan baik? karena pohon durian yg saya punyai kadang2 buahnya banyak kadang pula sedikit.

    Reply
  • 40. ardiansyah  |  September 14, 2010 at 10:25 am

    bisa gk durian montong di budidayakan di kalimantan barat

    Reply
  • 41. Rukman  |  October 15, 2010 at 7:30 am

    saya berminat membeli cd gimana caranya. terima kasih.

    Reply
  • 42. Rukman  |  October 15, 2010 at 7:33 am

    saya berminat membeli cd, gimana caranya?terima kasih

    Reply
  • 43. hensen  |  November 3, 2010 at 11:17 am

    hai semuanya,
    Jangan percaya dengan orang yang menyebut dirinya menjual buku dan cd tentang cara penanaman durian yang memiliki no telp 081-911857815 di atas. saya salah satu korban penipuannya,
    Saya transfer Rp 720 ribu kepadanya untuk pengiriman buku dan cd yang disebutnya cara penanaman durian yang bener, tetapi yang dikirimnya cd lain-lain yang tidak memiliki data audio dengan kata lain cd kosong. setelah saya ngecek ke dia, dia berkata itu salah karyawannya dan akan di kirim ulang, tetapi buku dan cdnya tidak pernah diterima lagi, bahkan dia black list kan no hp saya supaya saya tidak bisa sms atau telp dia lg. jd semoga temen2 jangan jadi korban berikutnya. WASPADA lah !!!!!

    Reply
  • 44. khairil azhar  |  December 1, 2010 at 1:27 pm

    Wah..terima kasih atas infonya mas..tapi, sejauh yang saya tahu..durian monthong masih kalah dengan kekuatan citarasanya dibandingkan dengan durian lokal..bener g’ itu mas?

    Reply
  • 45. ha. sayuti yusuf  |  December 16, 2010 at 3:37 pm

    saya belum pengalaman sama sekali. cuma pengen coba-coba. saya sudah tanam 1 pohon durian montong muali tahun 2008. sekarang tingginya baru satu meter. Palembang ini dataran renha . apa bisa tumbuh dan berbuah …?

    Reply
  • 46. katiman  |  January 1, 2011 at 11:57 am

    saya baru pertama kali menanam durian…gimana sih mencari bibit durian montong…apa ciri2nya bila masih bibit gitu…untuk daerah wonogiri or ponorogo dimana ya saya bisa dapat bibitnya…

    Reply
  • 47. gita  |  January 24, 2011 at 3:57 pm

    klo dibudidayakan di daerah jkt bsa ga ya ? penanamannya jga di pohon gmn ni ?

    Reply
  • 48. gita  |  January 24, 2011 at 3:58 pm

    penanaman di pot bsa ga ya ?

    Reply
  • 49. abi  |  January 25, 2011 at 8:11 pm

    bagaimana kalau menanam durian di tanah yang berkerikil?????????????????

    Reply
  • 50. christiawan  |  February 16, 2011 at 4:57 am

    saya coba tanam durian montong di daerah bayat,klaten,jawa-tengah sama daerah gombong,kebumen,jawa-tengah,apakah daerah tersebut bagus untuk di tanamin durian montong,tolong di jawab dikirim ke email saya,terimakasih

    Reply
  • 51. christiawan  |  February 16, 2011 at 5:00 am

    daerah bayat,klaten,jawa-tengah+gombong,kebumen,jawa-tengah apakah bagus untuk ditanamin durian montong?tq

    Reply
  • 52. moehlis  |  February 18, 2011 at 9:24 pm

    as wr wb. gimana cara/perlakuan untuk mempertahankan bunga hingnga menjadi buah durian???

    Reply
  • 53. irsan  |  February 28, 2011 at 7:43 am

    saya punya durian montong udah hampir 4 tahun ,sudah ada bebebrapa pohon yang mati,saya gak tau penyakit apa yang, tiba2 akarnya busuk dan mati….

    Reply
  • 54. arjuna  |  February 28, 2011 at 9:30 pm

    kita berbisnis buah-buahan di propinsi jambi dan butuh durian montong secara kuntiniu jika bisa kalo anda punya hubungi ke 085268944744 kami tahu kita mengetahui mobil yang bisa membawa durian ke jambi… kalau bpk tertarik jadi berapa harga dan bagaimana pembayarannya …. kami tunggu

    Reply
  • 55. boy  |  March 2, 2011 at 10:53 am

    saya mau nanya,: apakah durian dapat tumbh di daerah lerebf yang memiliki sudut kemiringan 40-50 derajat,, kalo bisa apa yang harus dilakukan guna bududaya yang baik?? terima kasih

    Reply
  • 56. faisal  |  May 12, 2011 at 11:15 am

    saya memiliki pohon durian montong yang sedang berbuah, tetapi sayang sekali buah sering jatuh sebelum matang. dan biasanya bagian tengah buah seperti lembab dan busuk.
    bagaimana cara mengatasi masalah pada pohon durian saya?
    tolong pencerahannya.
    thx b4

    Reply
  • 57. BS Group  |  June 7, 2011 at 9:09 am

    ijin copas gan….

    Reply
  • 58. Badu  |  July 4, 2011 at 3:55 pm

    Mengapa tdk ada yg membuat tepung dari daging durian ?

    Kl bisa ditepungkan, kan lebih awet, tahan lama.

    Reply
  • 59. ivan  |  July 9, 2011 at 1:36 pm

    bisa enggak yah, durian monthong dibudidayakan di dataran rendah (0-100m dpl) ?. klo harus pake perlakuan, perlakuan yg bagaimana agar hasil duriannya sama dg durian dari dataran tinggi?

    Reply
  • 60. Agus duren  |  July 10, 2011 at 8:16 pm

    jual lahan duren montong/kani luas 6000meter persegi sudah berbuah jumlah pohon + – 100 pohon 40 persen dah berbuah,harga 500jt/nego daerah banyumas minat hubungi Agus duren no hp 081542676343

    Reply
  • 61. Agus duren  |  July 10, 2011 at 8:19 pm

    jual bibit duren montong /kani tinggi 3meter lebih jumlah 10 pohon harga 350.rb per batang,siap di muat daerah banyumas minat hubungi Agus duren no hp 081542676343

    Reply
  • 62. Alive  |  July 29, 2011 at 2:13 pm

    makasih infonya, mau nanya kalau pohon alpokat itu berapa tahun berbuahnya ya? nanemnya dari biji alpokat

    Reply
  • 63. arin  |  August 4, 2011 at 1:17 pm

    saya tinggal di medan, daerah dekat laut gitu ,jdiii kira2 pohon durian montong bisa berbuah atw enggak ya???tinggi pohon smpai sberapa meter ya???

    Reply
  • 64. schuliezs  |  September 14, 2011 at 8:49 pm

    klw ingin mndapatkan bibit durian montong kemana ya..
    trus untuk daerah datarn rendah sprti tnah kalimantan bisa ga ya..

    Reply
  • 65. djoko  |  November 8, 2011 at 10:08 am

    assalamualaikum teman2 mau numpang gabung nie..saya mempunyai bibit durian montong.durian malaysia,durian matahari..bagi siapa yang mau berminat bs hubungi sy di 087875489707

    Reply
  • 66. bobby montong  |  November 24, 2011 at 7:08 pm

    gimana caranya durian motong tidak jatuh waktu masih muda dan gimana cara pemeliharaannya?

    Reply
  • 67. elis  |  December 13, 2011 at 5:48 pm

    bagaimana caranya supaya buah durian tidak meranggas?

    Reply
  • 68. Bambang dwi Cahyo Kartiko  |  February 17, 2012 at 9:19 am

    tempat saya bekerja..menanam sekitar 2000 pohon durian montong..serangan hama penyakit kami istilahkan jamur ( kanker batang )..ciri-ciri spt noda hitam berair…akan tetapi menurut pengamatan kami serangan awal adalah spt kumbang penggerek,…jd jamur hanya penyakit sekundair..dari serangan hama kumbang tsb…

    Reply
  • 69. Aco Ladjiham  |  February 20, 2012 at 12:33 pm

    Kami sudah menanaman Bibit Durian Montong bantuan dari Dinas Pertanian, tapi kami butuh informasi lebih banyak tentang cara memelihara dan pupuk apa yang baik digunakan untuk pemeliharaan dan pertumbuhan tanaman tersebut agar tumbuh dengan subur dan cepat pertumbuhannya dengan hasil produksi yang baik…trimakasih.

    Reply
    • 70. akudansekitarku  |  April 24, 2012 at 10:19 pm

      Salam hangat Bpk/Ibu
      Kita dari PT. ACI INT’L adalah perusahaan pupuk cair organik (herbal). Nama produk kita adalah Pupuk Super ACI.
      Untuk meningkatkan hasil produksi segala jenis tanaman perkebunan, gunakanlah pupuk super aci.
      Keunggulan Pupuk Super ACI :
      1. Tidak memiliki tanggal kadarluarsa, sehingga dapat menghemat biaya produksi.
      2. Dijamin adanya peningkatan produksi setelah pemakaian jika dibandingkan dengan yang tidak memakai pupuk super Aci dan perusahaan kami memberikan pengembalian 150% jika tidak ada peningkatan.

      Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website kami ; http://www.aci-indonesia.co.id
      atau
      email : ayu_beatrice@yahoo.com
      HP : 0853.8263.3042

      _TERIMA KASIH_

      Reply
  • 71. Yan  |  March 1, 2012 at 11:25 pm

    Untuk daerah kaltim bisa gk kalo beli dikirimkan

    Reply
  • 72. akudansekitarku  |  April 24, 2012 at 10:25 pm

    Salam hangat Bpk. Sahril
    Kita dari PT.ACI INT’L adalah sebuah perusahaan pupuk cair organik/herbal. Nama produk kita adalah Pupuk Super ACI.
    Untuk meningkatkan hasil mangga, gunakanlah Pupuk Super ACI.
    Keunggulan Pupuk Super ACI :
    1. Tidak memiliki tanggal kadarluarsa, sehingga dapat menghemat biaya produksi.
    2. Kita menjamin akan adanya peningkatan produksi setelah pemakaian, dibandingkan tidak memakai pupuk Super Aci, perusahaan kami akan menjamin pengembalian 150% JIKA TIDAK TERBUKTI

    Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi wesite kami : http://www.aci-indonesia.co.id
    atau
    email :ayu_beatrice@yahoo.com
    HP.0853.8263.3042

    _TERIMA KASIH_

    Reply
  • 73. Syamsul Bahri  |  March 29, 2013 at 6:48 pm

    kami berada di daerah bagian timur yaitu pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat, apakah bisa di taman Pohon Duren Montong ini, Kami sangat berminat sekali untuk jadi petani Durian, mohon penjelesannya

    Salam

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pilih bahasa

Categories

status

kaskusradio.com

KasKusRadio - Indonesian Radio

rank

Alexa Certified Traffic Ranking for ayobertani.wordpress.com
April 2009
M T W T F S S
    May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 49 other followers

%d bloggers like this: